5 Hal Sederhana yang dapat Picu Serangan Jantung

Hal sederhana yang dapat picu serangan jantung - Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling berperan penting dalam kehidupan setiap orang. Dengan jantung, darah setiap orang akan bisa dipompa ke seluruh tubuh. Jadi, kalau fungsi jantung terganggu, otomatis pemompaan darah tidak akan maksimal dan bahkan berhenti yang akhirnya akan terjadi gagal jantung.

Penyakit yang terjadi pada jantung memang bisa menyebabkan kematian mendadak. Lantas, apa penyebab dari serangan jantung? Sebenarnya yang menjadi faktor penyebab datangnya serangan jantung sangatlah banyak. Bahkan serangan jantung juga bisa datang akibat penyakit lain yang sebelumnya pernah diderita, seperti obesitas, diabetes, dan hipertensi.

Selain faktor penyakit yang dulu pernah diderita. Datangnya serangan jantung mendadak juga bisa dipicu karena hal sederhana yang sebenarnya kita sendiri tidak sadar sering melakukannya. Lantas apa saja hal tersebut? Berikut ini lima hal sederhana yang dapat memicu serangan jantung:
5 Hal Sederhana yang dapat Picu Serangan Jantung
Hal Sederhana yang dapat Picu Serangan Jantung

1. Makan

Makan terlalu berlebihan bisa menjadi salah satu sebab munculnya serangan jantung mendadak. Hal ini pernah dikemukakan oleh seorang peneliti dari Departement of Veterans Affairs Amerika Serikat. Bahwa 2000 orang yang beresiko serangan jantung, sebelumnya pernah memilik kebiasaan buruk yaitu makan berlebihan dalam porsi besar. Lantas makanan apa yang dimaksudkan? Berdasarkan studi yang pernah menanyakan 1.986 partisipan penderita jantung, 158 orang mengatakan 'makanan berat tidak biasa'. Ini berarti makanan berat dalam porsi banyak dan berlebihan bisa mengakibatkan serangan jantung fatal.

2. Penyalahgunaan obat dan alkohol

Mungkin sebagian besar orang termasuk anda tahu kalau alkohol juga bisa menyebabkan serangan jantung. Menurut American Heart Association mengatakan bahwa kandungan alkohol dalam darah dapat meningkatkan trigliserida yang merupakan salah satu bentuk kolesterol. Itu sebabnya dapat memicu serangan jantung mendadak. Alkohol juga bisa memicu seseroang makan lebih banyak. Dan makanan yang dikonsumsi belum tentu baik dan bergizi. Maka dari itu alkohol bisa menyebabkan obesitas dan akhirnya terserang jantung mendadak.

3. Marah yang tiba-tiba dan bersifat intens

Marah besar yang bersifat inten memang bisa menyebabkan serangan jantung tsecara tiba-tiba. Hal ini pernah dibuktikan dalam study oleh Sydney Nursing School, Australia, bahwa  serangan jantung 8,5 kali lebih beresiko terjadi serangan jantung pada seseorang setelah  marah besar. Marah besar yang dimaksudkan adalah marah yang 'berapi-api'. Namun untungnya serangan jantung sebab kemarahan ini jarang terjadi. Hanya dua persen dari ratusan partisipan yang menjadi penelitian.

4. Problem kecemasan akut

Dalam study oleh Dr. Buckley dan Prof. Tofler, bahwa yang menjadi permasalahan mental adalah serangan kecemasan akut yang dapat memicu serangan jantung secara tiba-tiba. Bahkan perkiraan tidak main-main, 9,5  kali lebih beresiko terkena serangan jantung bagi orang yang memiliki problem kecemasan akut. Peneliti menyarankan bagi yang pernah mengalami serangan jantung harap menjauhi diri dari kemarahan dan kecemasan berlebih. Perbanyaklah kegiatan relaksasi untuk pencegahan.

5. Aktivitas fisik yang tidak biasa

Aktivitas fisik tidak biasa yang dilakukan ternyata juga bisa menyebabkan serangan jantung. Bahkan dalam kasus banyak orang yang terkapar karena serangan jantung hanya karena ia sedang membersihkan salju ketika musim dingin tiba. Jadi, jika jantung sudah lemah, kombinasi perbedaan temperatur yang tiba-tiba dan aktivitas fisik merupakan hal mematikan. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang memiliki tekanan darah serta kolesterol yang tinggi. Untuk mengatasinya, jangan melakukan aktivitas fisik terlalu ekstrem jika sehari-harinya tak pernah melakukannya. Lakukanlah bertahap dari sedikit dan dari kecil. 

Demikianlah informasi tentang 5 Hal Sederhana yang dapat Picu Serangan Jantung. Hindarilah kebiasaan tersebut untuk menjaga kesehatan jantung anda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef