5 Bahaya Kecanduan Main Smartphone

Bahaya kecanduan main smartphone - Di dunia yang sudah serba maju ini, siapa yang tidak kenal dengan smartphon? Bahkan anak yang baru usia 5 tahun pun ada yang sudah bisa bermain smartphon. Inilah salah satu bukti perkembangan teknologi semakin maju dan berkembang.

Berbicara tentang kemajuan teknologi, tidak lepas yang namanya smartphone. Bahkan seiring berjalannya waktu setiap perusahaan smartphone selalu mengembangkan produknya agar semakin canggih dan menjadi yang terdepan. Semakin canggihnya smartphon juga tak lepas semakin banyak penggunanya. Termasuk juga anak-anak. Bahkan ada yang bilang kalau seseorang tidak bisa hidup kalau tidak ada smartphone. Mungkin itu kata-kata yang terdengar lebay. Namun kenyataannya orang bilang demikian.

Kehadirannya smartphone yang semakin canggih memang memberikan dampak tersendiri bagi penggunannya. Ada dampak positif dan juga ada dampak negatifnya. Dampak positifnya tentu anda sudah tahu, yakni dapat membantu mempermudah aktivitas sehari-hari. Lalu apa dampak negatifnya? Apalagi kalau kecanduan bermain smartphone. Apa yang terjadi pada pengguna bila kecanduan bermain smartphone? Nah, berikut ini adabeberapa dampak negatif atau bahaya bagi pengguna yang kecanduan bermain smartphone:

5 Bahaya Kecanduan Main Smartphone
Bahaya Kecanduan Main Smartphone

1. Penuaan dini

Hal ini pernah menjadi sebuah penelitian oleh seorang dokter kulit di Beverly Hills yang bernama Stuart H. Kaplan, M., D., menjelaskan bahwa saat ini banyak anak muda yang melakukan pengobatan botox untuk mengatasi kerutan dini. Hal ini disebabkan karena terlalu sering dan berlebihan didepan layar smartphone. Melihat layar smartphon memaksa leher untuk menekuk kebawah. Kebiasaan tersebut bilah terus-menerus akan berdampak mengerikan bagi kesehatan.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi penuaan dini

2. Perubahan fisik

Jika anda terlalu lama bermain smartphone akan dapat menyebabkan perubahan pada fisik anda lebih cepat. Yaitu terjadi pada tulang anda. Ketika anda menunduk 60 derajat saat bermain smartphone, maka itu sama saja anda memberikan beban pada kepala anda seberat enam kali dari beban maksimal. Hal ini akan membuat leher anda merasa tertekan yang bisa membuat bantalan tulang bergeser. Sebab salah satu cakram yang duduk antara tulang belakang rusak dan membuat syaraf tertekan.

3. Sakit mata

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh para peneliti menyebutkan bahwa sebanyak 37% orang saat ini menghabiskan minimal 9 jam dengan bermain smartphone. Dan dari survei itu didapatkan bahwa 7 dari 10 orang mengalami ketegangan mata. Hal iniakan menyebabkan mata menjadi iritasi, kering, kemerahan, kelelahan, sakit kepala kepanjangan, dan bahkan bisa terjadi rabun dekat.

4. Kanker otak

Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa orang yang menggunakan smartphone setengah jam sekali sehari dengan durasi 10 tahun akan dapat menyebabkan resiko kanker otak dua kali lipat lebih besar. Bahkan jika menggunakan smartphone saat remaja, akan meningkatkan resiko kanker otak menjadi 4 kali lipat lebih besar.

5. Mengganggu ritme tidur

Pada umumnya durasi tidur dilakukan selama 8-10 jam perharinya. Namun pada kenyataannya para remaja yang melakukan tidur dalam durasi tersebut hanya 15% saja. Yang menjadi penyebab salah satunya adalah karena adanya smartphone. Yang menjadikan seseorang susah tidur adalah karena sinar layar yang mengganggu dan menyebabkan insomnia. Meskipun bisa tidur, tidurnya menjasi tidak nyenyak atau gelisah. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kestabilan kondisi tubuh setiap pengguna smartphone yang berlebihan.

Demikianlah informasi tentang 5 Bahaya Kecanduan Main Smartphone. Smartphone saat ini memang sudah menjadi kebutuhan setiap orang, namun kecanduan smartphone juga dapat berdampak buruk pada kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef