4 Tips Diterima Kerja Meski Belum Berpengalaman

Tips diterima kerja meski belum berpengalaman - Ada yang bilang kalau cari kerja jaman sekarang itu susah, berbeda dengan dulu yang masih bawa ijazah SMP dan SMA. Namun sekarang kebanyakan sudah harus S1 atau D3. Hmm, memang bisa dibilang sulit. Tapi ini merupakan kemajuan jaman yang harus diikuti.

Selain hanya mengandalkan tamatan study, banyak juga perusahaan yang mengutamakan pengalaman. Ya, bahkan hampir semua perusahaan membutuhkan karyawan baru yang sudah memiliki pengalaman. Mungkin anda bertanya, lalu bagaimana yang belum memiliki pengalaman sama sekali dan baru saja lulus.? Sebenarnya jika kita mau usaha tidaklah sesulit yang anda bayangkan dalam mencari pekerjaan, meski belum punya pengalaman dalam dunia pekerjaan.

Anda yang memiliki pengalaman sedikit atau belum sama sekali memiliki pengalaman bekerja, tak usah bingung. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda coba agar bisa diterima kerja meski anda belum berpengalaman:
4 Tips Diterima Kerja Meski Belum Berpengalaman
Tips Diterima Kerja Meski Belum Berpengalaman

1. Tunjukkan kemampuan terbaik anda sesuai posisi pekerjaan yang ditawarkan

Sebelum anda mengikuti tes karyawan baru, gali info lebih dalam lagi mengenai pekerjaan yang ditawarkan. Gali info lebih dalam tentang bidang tersebut. Mungkin saja anda memiliki banyak kelebihan dan pengalaman, meski bukan pengalaman bekerja. Jika anda memiliki pengalaman banyak, tidak perlu dimasukkan semua dalam surat lamaran. Pilihlah beberapa pengalaman yang sekiranya bisa memberi peluang anda untuk dilirik mendapat pekerjaan baru.

2. Sebutkan prestari anda yang paling gemilang

Jika anda pernah mengikuti kejuaraan atau lomba tertentu dan anda berhasil menjuarai, tentu hal itu menjadi keuntungan tersendiri bagi anda. Atau mungkin anda pernah berhasil meraih beasiswa tertentu. Maka sebutkanlah yang menurut anda paling menonjol dibandingkan semua prestasi anda. Meski prestasi itu sekecil apapun pasti akan bisa menambah nilai plus bagi anda.

3. Tonjolkan kemampuan di luar biadang akademik

Anda memiliki pengalaman organisasi, jadi relawan, atau pernah terlibat dalam penyelenggaraan suatu acara? Anda bisa menjadikan pengalaman tersebut sebagai nilau tambahan bagi anda. Jika anda memang ingin maju dan berhasil diterima di tempat kerja yang anda lamar, maka buktikan kalau anda tak hanya sibuk belajar dikelas selama kuliah. Namun juga  praktik langsung terjun  di masyarakat.

4. Minta rekomendasi dari orang lain

Sekalipun anda belum memiliki pengalaman kerja yang profesional, tapi pasti anda pernah melibatkan seseorang dalam mengerjakan sesuatu. Misal, anda bisa meminta bantuan ketua dari organisasi yang pernah anda ikuti untuk memberi rekomendasi. Atau anda bisa minta surat rekomendasi dari dosen pembimbing skripsi anda. Surat rekomendasi ini akan sangat membantu anda dan orang yang mewancarai anda. Ia akan lebih mengenal karakter  dan kepribadian yang lebih utuh lagi.

Demikianlah 4 Tips Diterima Kerja Meski Belum Berpengalaman. Lakukan tips diatas agar anda diterima dalam melamar pekerjaan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef