3 Bahaya Kantong Plastik yang Wajib Anda Ketahui

Bahaya kantong plastik yang wajib anda ketahui - Anda sudah tahu kalau kantong plastik di supermarket sekarang menjadi berbayar? Bagaimana tanggapan anda? Mungkin hal itu kurang efektif untuk mengurangi penggunaan kanting plastik.

Ya, anda bisa melihatnya sendiri, pasalnya masih banyak masyarakat yang memilih menggunakan kantung plastik daripada menggunakan tas sendiri dari rumah. Padahal ini ditujukan agar bisa meminimalisir penggunakan kantung plastik yang berbahaya bagi lingkungan. Kita tentu tidak ingin kan kalau bumi kita rusak hanya karena kebiasaan menggunakan kantung plastik setiap hari?

Ada alasan mengapa sekarang ditetapkan kalau kantung plastik harus berbayar. Tujuan utamanya adalah agar bumi kita tetap terjaga dari pembuangan kantung plastik berlebihan. Jika masih banyak yang tidak peduli dengan hal ini, tentu akan sangat membahayakan. Berikut ini tiga bahaya kantung plastik yang harus anda ketahui:

3 Bahaya Kantong Plastik yang Wajib Anda Ketahui
Bahaya Kantong Plastik yang Wajib Anda Ketahui

1. Plastik beracun bagi lingkungan

Dimana anda membuang sampah plastik? Ditempat sampah? Pada akhirnya plastik itu akan jatuh di tanah pembuangan, lautan, atau juga danau karena keterbatasan tempat. Apa yang terjadi ketika sampah berakhir di dalam tanah, lautan, dan danau? Tentu akan tercemar bukan? Habitat dilingkungan akan kotor, linkungan ekosistem dan rantai makanan akan semakin rusak secara perlahan. Mungkin anda tidak merasakannya, tapi nanti keturunan anda yang akan merasakan akibat perbuatan tersebut.

2. Plastik merupakan bahan yang tidak bisa segera terurai dengan tanah

Untuk melakukan recycle atau daur ulang plastik membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lebih mahal daripada memproduksi plastik itu sendiri. Setelah didaur ulang pun harganya menjadi lebih murah. Jadi tidak sebanding antara daur ulang dengan penjualannya kembali. Sehingga akan mengalami kerugian dan membuat banyak orang memilih untuk memproduksi plastik lebih banyak lagi daripada mendaur ulang plastik.

3. Adanya kandungan polyethylene

Polyethlene merupakan sejenis thermoplastic yang terbuat dari minyak dan termasuk photodegrade yang berarti plastik dalam jangka waktu panjang akan menjadi partikel-partikel yang lebih kecil, akan lebih beracun dalam bentuk petro-polymers, yang akan menjadi penyebab utama kekotoran tanah. Tanah akan menjadi kotor dan hewan serta tumbuhan pun mendapatkan makanan yang bercampur racun dari plastik tersebut. Yang nantinya juga akan masuk dalam perut kita. 

Demikianlah informasi tentang 3 Bahaya Kantong Plastik yang Wajib Anda Ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef