10 Cara Atasi Rambut Rontok

Cara atasi rambut rontok - Rambut yang sering rontok memang sangat mengganggu. Kemana-mana selalu dijumpai rambut rontok. Bukan hanya mengganggu, rambut yang sering rontok juga akan membuat rasa percaya diri menjadi berkurang.

Rontoknya rambut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Pada umumnya adalah pola hidup yang kurang sehat dan tidak pernah melakukan perawatan rambut. Selain itu, perawatan rambut yang salah pun bisa menyebabkan rambut menjadi rusak dan lebih banyak rontok. Lalu bagaimana cara mengatasi rambut yang sering rontok tersebut?

Untuk mengatasi rambut rontok yang paling utama adalah memperbaiki pola hidup agar lebih baik lagi. Dan juga lakukan perawatan secara rutin. Berikut ini sepuluh cara untuk anda atasi rambut yang sering rontok:
10 Cara Atasi Rambut Rontok
Cara Atasi Rambut Rontok

1. Rajin memijat kulit kepala

Lakukanlah pijatan kuli kepala anda secara perlahan. Anda bisa melakukan pijatan ini disaat anda mencuci rambut. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi masalah rambut yang rontok parah. Pijatan ini akan memperlancar peredaran darah di kulit kepala. Tidak hanya menunjang pertumbuhan rambut, tapi juga membantu penyerapan nutrisi yang terkandung dalam sampoo.

2. Minimalkan alat penata rambut

Jika anda sering menggunakan penata rambut seperti hair dryer dan iron atau pewarna rambut, sebaiknya mulai sekarang untuk diminimalisir lagi penggunaannya. Karena alat-alat tersebut dapat memperparah kerontokan rambut anda, dan rambut anda pun akan semakin menipis. Biarkan rambut anda terlihat cantik alami tanpa alat penata seperti diatas.

3. Pengobatan rambut tradisional

Anda bisa melakukan perawatan rambut atau pengobatan rambut rontok dengan berbagai cara tradisional. Cara tradisional ini menggunakan bahan-bahan alami yang lebih baik daripada mengkonsumsi obat yang mengandung bahan kimia. Lakukanlah akupresur dan konsumsilah obat herbal agar rambut anda terhindar dari kerontokan.

Baca juga : Cara mudah atasi rambut bercabang

4. Mengganti menu makanan

Makanan dan minuman seperti apa yang anda konsumsi? Apakah anda melihat kandungan gizinya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi? Mengkonsumsi makanan dan minuman yang salah juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Konsumsilah makanan  dan minuman yang kaya akan protein, zat besi, zinc, dan vitamin B12. Anda bisa mendapatkan dari sayur hijau, kacang, biji, dll.

5. Tambah suplemen kesehatan

Jika asupan nutrisi anda rendah dan tidak tercukupi dengan baik, kemungkin rambut anda akan terganggu kesehatannya. Salah satunya adalah rambut rontok. Gunakanlah suplemen makanan sebagai salah satu cara mengurangi kerontokan. Dan pastikan memilih produk yang kaya akan zat besi, vitamin, dan protein.

6. Bebas dari stres

Mungkin hal ini terlihat sepele bagi sebagian besar orang. Tapi perlu anda tahu kalau stres dapat menyebabkan kesehatan rambut menjadi menurun. Bahkan hal ini bisa menyebabkan kerontokan rambut dan penipisan rambut semakin parah. Lakukanlah meditasi dan mintalah dukungan dari orang terdekat untuk melepas segala stres yang anda alami.

7. Bantuan hormon

Salah satu penyebab rambut rontok juga bisa datang dari hormon tubuh anda. Biasanya ini terjadi akibat perubahan fungsi tubh yang cukup signifikan. Seperti rambut rontok setelah melahirkan, mengkonsumsi pil KB, atau memasuki masa menopause. Konsultasilah pada dokter untuk mendapat perawatan rambut rontok yang lebih tepat.

8. Perawatan rambut rontok dengan laser

Anda juga bisa mengatasi masalah rambut rontok dengan perawatan menggunakan laser. Dengan perawatan laser ini  akan dapat mengurangi peradangan di folikel rambut, penyebab rambut rontok berlebihan, yang juga menghambat regenerasi. Berdasarkan penelitian, dibutuhkan 26 minggu, 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

9. Suntikan Cortisone

Jika rambut rontok anda semakin parah, datanglah ke dokter kulit untuk mendapatkan suntikan cortisone di kulit kepala anda. Biasanya terapi ini dipilih oleh penderita radang di kulit kepala. Mungkin rasanya sedikit sakit, namun cara ini efektif untuk menghambat aktivitas hormon yang menyebabkan kerontokan pada rambut.

10. Konsultasi pada dokter

Jika anda belum juga menemukan cara yang pas untuk mengatasi rambut rontok yang anda alami. Ini saatnya anda untuk datang ke dokter. Bisa saja hal ini disebabkan karena gangguan  kesehatan yang lebih serius. Seperti ketidakseimbangan hormon, ketidaknormalan kelenjar tiroid, anemia, lupus, dan bahkan kanker. Segeralah periksa pada dokter untuk mengetahui hasil yang pasti. 

Demikianlah informasi tentang 10 Cara Atasi Rambut Rontok. Rambut rontok adalah momok yang sangat menakutkan sekali karena dapat menyebabkan kebotakan. Semoga cara diatas dapat membantu anda dalam mengatasi masalah rambut rontok. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef