Wajib Tahu, 6 Gejala Penyakit Ginjal Kronis

Gejala penyakit ginjal kronis - Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting. Salah satu perannya adalah sebagai alat penyaring zat-zat sisa dalam yang kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh. Prosesnya yaitu dengan membentuk urin untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Sebab itu ginjal perlu dijaga kesehatanya. Lalu bagaimana jika terjadi gangguan pada ginjal?

Gangguan penyakit pada ginjal memang telah menjadi momok bagi masyarakat. Apalagi kalau penyakit kronis terjadi pada ginjal, pasti akan sangat dikhawatirkan. Hal itu karena penyakit ginjal kronis memiliki dampak besar bagi kehidupan seseorang. Sebab itu banyak orang yang mengkhawatirkan kesehatan ginjalnya. Namun sayangnya penyakit ginjal kronis ini sulit diketahui atau datang dengan tanpa disadari oleh penderitanya. Jadi akan sulit untuk penyembuhan dari awal.

Meskipun terkadang datang tanpa diketahui atau tanpa disadari oleh penderitanya. Setidaknya kita bisa tahu tanda atau gejala penyakit ginjal kronis tersebut. Untuk mempermudah anda mendeteksi, berikut ini enam gejala penyakit ginjal kronis:

Wajib Tahu, 6 Gejala Penyakit Ginjal Kronis
Wajib Tahu, 6 Gejala Penyakit Ginjal Kronis

1. Mual dan muntah

Apakah anda sering muntah setelah anda selesai makan atau pada saat makan? Anda perlu waspada dengan hal ini. Mungkin saja ini gejala penyakit ginjal kronis. Sering muntah ini biasanya disebabkan karena penumpukan limbah dalam darah yang membuat rasa makanan menjadi berbeda, yaitu menjadi busuk atau tidak enak.

2. Pola buang air kecil berubah

Apakah anda juga pernah mengalami perubahan pada pola kecing anda? Baik itu lebih sering atau lebih jarang. Perubahan pola kencing ini juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal. Cobalah untuk memeriksakan pada dokter. Anda juga bisa melihatnya terlebih dahulu, apakah warna urin anda berwarna pucat, berbusa, bergelembung, atau bernanah.

3. Pembengkakan pada setiap bagian tubuh

Mungkin anda merasa pembengkakan kecil dibagian tubuh anda itu merupakan hal biasa. Namun jika pembengkakan itu tidak ada sebab pasti yang bisa anda ketahui, entah itu pembengkakan di perut, tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya, itu bisa saja menjadi salah satu sebab ginjal anda mengalami masalah. Ketika ginjal mengalami masalah tidak akan bisa menyaring secara maksimal atas kelebihan air dan limbah dalam darah.

4. Ruam kulit atau gatal

Jika anda mengalami atau menjumpai ruam maupun gatal-gatal pada kulit anda dan tak kunjung sembuh serta hilang, maka anda perlu untuk waspada. Mungkin saja itu salah satu gejala atas memburuknya kesehatan ginjal anda. Cobalah untuk segera diperiksakan pada dokter. Karena jika dibiarkan, kemungkinan fungsi ginjal akan menjadi berhenti.

5. Rasa logam di mulut

Pernahkah anda merasakan seperti rasa logam pada mulut anda? Mungkin anda mengira karena efek pasta gigi yang buruk. Namun hal itu juga bisa disebabkan karena ginjal anda yang bermasalah. Ginjal anda mengalami penumpukan limbah uremia. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut yang tidak sedap.

6. Kelelahan dan sesak nafas

Sering merasakan lelah yang berlebihan dan juga sering merasakan sesak nafas. Ini merupakan tanda tubuh anda mendapatkan oksigen lebih rendah dari yang dibutuhkan. Dan sejak ginjal mengurangi penyaringan limbah dan air dari tubuh, ada kemungkinan air terakumulasi di paru-paru. Segeralah untuk periksa ke dokter terdekat dan minta hasilnya.

Demikianlah 6 gajala penyakit ginjal kronis yang wajib diketahui. Wajib bagi kita mengetahui gejala tersebut agar kita bisa melakukan penanganan lebih dini. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef