Tips Agar Bayi Tidak Terlahir Cacat

Tips agar bayi tidak terlahir cacat - Setiap pasangan suami istri tentu menginginkan keturunan. Dan keturunan yang diinginkan pun harus keturunan yang sehat, baik itu sehat secara fisik, akal, dan juga hatinya. Ini sebabnya melakukan banyak hal agar mendapatkan keturunan seperti yang diinginkan.

Ketika mendengar kata hamil, pasti pasangan suami istri akan sangat bahagia dan senang karena mereka akan memiliki keturunan. Tapi, meskipun kesenangan itu selalu hadir, jangan sampai lalai dalam merawat sang bayi ketika dalam kandungan. Karena perawatan ini juga berpengaruh penting terhadap kelahirannya nanti. Jika perawatan yang dilakukan salah, maka kemungkinan juga bayi akan lahir tidak sempurna dan bahkan keguguran.

Memang jika mendengar kata keguguran atau kecacatan sangat menggetarkan hati pasanagan suami istri. Sebab itu lakukanlah perawatan dengan baik. Nah, berikut ini beberapa tips agar bayi anda tidak bermasalah atau tidak terlaih cacat:
Tips Agar Bayi Tidak Terlahir Cacat
Tips Agar Bayi Tidak Terlahir Cacat

1. Hindari kafein dan minuman beralkohol

Ketika anda merencanakan ingin memiliki keturunan, hindarilah konsumsi berbagai makanan atau minuman yang memiliki kandungan kafein serta alkohol. Kadua kandungan ini dapat menyebabkan bermasalahnya pada kandungan anda nantinya. Dari kapan dan sampai kapan anda harus menghindari? Yaitu dari sebelum anda hamil hingga anda memiliki keturunan yang sehat.

2. Berhenti merokok

Merokok memang bukan aktivitas yang sehat dan bahkan merupakan aktivitas yang membawa penyakit. Apalagi jika hal ini dilakukan oleh ibu yang sedang hamil, akan sangat beresiko besar pada kecacatan dan keguguran kandungan. Berhentilah merokok dan jauhilah tempat yang terdapat orang merokok. Karena merokok secara aktif maupun pasif akan menyebabkan meningkatnya resiko sindrom kematian mendadak pada bayi. Jauhilah rokok seblum dan selama anda hamil dan kalau bisa selamanya.

3. Check up ke dokter

Ceklah kesehatan anda secara keseluruhan sebelum, semasa, dan sesudah hamil. Sebelum hamil, cek kesehatan anda apakah terdapat penyakit yang beresiko penularan pada bayi dalam kandungan. Disaat anda hamil, anda juga perlu mengecek bagaimana bayi anda dalam kandungan dan juga bagaimana kesehatan anda saat mengandung. Anda bisa melakukan check up vaksin, tes kesuburan, , dan pemeriksaan obat-obatan. Dengan check up rutin ini akan dapat meminimalisir kecacatan pada bayi.

4. Berat badan ideal

Berat badan yang ideal juga sangat menentukan kehamilan anda. Pastikan berat badan anda ideal sebelum hamil. Jika terlalu kurus biasanya akan timbul masalah atau komplikasi saat hamil, jika terlalu gemuk akan mengarah pada obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Hal ini juga bisa menurun pada bayi. Jagalah kesehatan anda dengan selalu menjaga berat badan  agar tetap ideal.

5. Mengkonsumsi makanan sehat

Konsumsilah makanan yang sehat dan bergisi sebelum anda hamil maupun selama hamil. Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi bermanfaat untuk perkembangan bayi. Anda bisa memilih asam folat yang dapat mencegah cacat lahir. Anda bisa mendapatkan asam folat pada sayuran hijau, jeruk, dan kacang-kacangan. Konsumsi juga makanan yang memiliki kandungan tinggi protein, zat besi, dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Demikianlah informasi tentang tips agar bayi tidak terlahir cacat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef