Dampak Buruk Mendisiplinkan Anak dengan Kekerasan

Dampak buruk mendisiplinkan anak dengan kekerasan - Setiap orang tua pasti menginginkan agar anaknya bisa menjadi orang yang baik hati, tidak sombong, disiplin, dan pastinya sukses. Sebab itu banyak diantara mereka yang mendidik anaknya dari sekarang.

Berbicara tentang mendidik anak. Memang tidak bisa sebagai orang tua memperlakukan anak sembarangan tanpa aturan. Meskipun itu dengan alasan mendidik. Anak memang wajib dididik agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Namun didikan orang tua juga perlu dengan aturan dan kehalusan, tidak dengan paksaan serta kekerasan. Memang pakasaan masih bisa dilakukan orang tua kalau anak benar-benar tidak bisa diatur. Tegur dengan nada sopan dan jangan menggunakan kekerasan fisik. Karena kekerasan fisik inilah yang nantinya akan ditiru sang anak ketika telah dewasa atau telah menjadi orang tua.

Mendidik anak agar bisa disiplin memang terbilang sulit. Bahkan karena kesulitan itu tak jarang orang tua merasa putus asa dan memilih jalan kekerasan. Memang tujuannya ingin mendisiplinkan, tapi caranya yang salah. Jika anda sebagai orang tua memilih jalan kekerasan, maka siaplah menerima dampak buruk berikut ini:
Dampak Buruk Mendisiplinkan Anak dengan Kekerasan
Dampak Buruk Mendisiplinkan Anak dengan Kekerasan

1. Merusak konsep diri pada anak

Memang anak terkadang melakukan kesalahan. Namun jika hal itu ditanggapi dengan kekerasan fisik, ini akan merusak konsep diri sang anak. Anak akan selalu merasa kalau dirinya dianggap lemah dan selalu salah serta tak bisa apa-apa. Dia akan merasa dirinya serba salah karena selalu mendapat hukuman dari orang tuanya. Konsep masa depannya akn rusak secara perlahan. Dia akan selalu merasa kalau dirinya tak bisa melakukan apa-apa di dunia ini. Ketika dia ingin melakukannya, dia akan mengurungkan niatnya tersebut karena takut salah dan mendapat hukuman.

2. Mengakibatkan masalah-masalah emosional

Ketika anda sebagai orang tua mendidik anak dengan kekerasan, ini akan membuat sang anak menjadi tidak percaya diri tatkala ingin melakukan suatu hal. Dia akan merasa selalu ragu akan apa yang sebenarnya ingin dia lakukan. Ini disebabkan karena rasa trauma akibat hukuman serta kekerasan fisik yang dilakukan orang tua saat mendidiknya.

3. Anak akan menimbulkan reaksi negatif

Mungkin dia didalam rumah bisa nurut dengan anda sebagai orang tua karena dia takut selalu mendapatkan kekerasan dan juga hukuman dari anda. Tapi diluar sana, ketika anda tak bersamanya dan tak melihatnnya, dia akan cenderung bersikap lebih agresif. Dia akan menunjukkan rasa emosi kekesalannya dan rasa sakitnya akibat hukuman yang diberikan oleh anda saat anda mendidiknya. Dia seakan berfikir ingin balas dendam namun tidak dengan anda. Dia akan mengalihkan kepada orang lain yang dianggapnya lebih lemah.

Demikianlah dampak buruk mendisiplinkan anak dengan kekerasan. Mendisiplinkan anak memang baik, namun juga harus menggunakn cara yang baik pula. Kekerasan justru akan membuat anak tertekan dan berdampak buruk. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef