Cara Cerdas Hadapi Teman yang Egois

Cara cerdas hadapi teman yang egois - Setiap orang pasti memiliki karakter sendiri-sendiri. Dan setiap karakter orang pun berbeda-beda. Ada yang ramah, sopan, dan pendiam. Ada yang sombong, cerewet, dan juga egois. Dari karakter itulah kita dapat menilai kepribadian seseorang.

Berbicara tentang karakter, tentu didunia ini ada seseorang yang memiliki karakter sifat yang egois. Anda pernah menjumpainya? Atau mungkin itu teman anda sendiri? Hmm, pasti anda akan sangat greget kalau teman anda memiliki sifat egois. Siapa sih yang ingin memiliki teman egois? Tentu tidak ada. Semua orang ingin memiliki teman yang baik hati, dapat diajak berbagi, dan juga dapat saling mengerti dengan keadaan yang ada serta tidak mengandalkan emosinya belaka.

Ketika anda memiliki teman yang egois, tentu anda akan merasa kalau anda ingin sekali menjauhi dirinya. Karena selalu membuat anda ingin marah dan marah dengan dia yang selalu egois. Tenang, ada cara yang lebih ampuh, cocok, dan cerdas untuk menghadapi teman anda yang selalu egois. Berikut ini cara cerdas hadapi teman yang egois:

Cara Cerdas Hadapi Teman yang Egois
Cara Cerdas Hadapi Teman yang Egois

1. Pahami posisi mereka

Anda perlu untuk memahami setiap posisi mereka. Perdalam lagi pengetahuan anda tentang mereka. Memahami disini bukan berarti anda membiarkan orang bebas mengintimidasi keegoisannya. Tapi cari tahu tentang dirinya, mengapa sifat keegoisannya bisa melekat dalam dirinya. Apa yang membuat dirinya selalu mengandalkan keegoisannya.

2. Jangan tersinggung

Anda pasti tahu kalau orang egois itu hanya ingin yang terbaik untuk dirinya sendiri, bukan untuk kebersamaan. Nah, ketika anda menghadapi masalah dengan dirinya yang selalu membela diri meski sebenarnya salah, anda jangan tersinggung atau marah. Tetaplah tenang dan pahami tentang dirinya. Dengan cara ini anda akan secara perlahan terhindar dari intimidasinya.

3. Jangan menganggap serius

Dia yang egois memang terkadang sering meminta sesuatu yang permintaannya itu untuk kepentingan diri sendiri. Dengan permintaannya itu, tentu dia ingin agar anda bisa mewujudkannya. Nah, ketika anda tak mampu mewujudkan, tentu dia akan marah. Jangan menganggap kemaraahn itu dengan keseriusan anda. Hadapi dengan tenang. Anda perlu ingat kalau itu memang sudah sifatnya, jadi tak perlu untuk dipikir serius.

4. Sabar

Sabar merupakan hal yang paling penting dalam hal ini. Jika tak ada kesabaran, tentu anda langsung akan merah ketika dirinya menunjukkan keegisannya kepada anda. Jadi, apabila dia selalu menunjukkan keegoisannya kepada anda, tetaplah jaga kesabaran anda. Jangan mudah terpancing emosi. Jika anda emosi, itu sama saja anda menggunakan api untuk memadamkan api.

5. Menjadi cermin baginya

Jadilah cermin bagi dirinya yang belum juga menemukan kecerahan dalam hidupnya. Maksudnya, jadilah anda sebagai contoh baik bagi dirinya. Ketika anda memenuhi permintaan dirinya, cobalah anda meminta dirinya untuk memenuhi permintaan anda juga. Dalah hal ini, intinya adalah anda memberikan suatu penegasan bahwa dia pun harus bisa melakukan apa yang dilakukan oleh anda atas dasar apa yang disurunya.

6. Berikan kritik dan saran

Ketika dirinya selalu saja egois, anda jangan hanya sekedar diam dan menjaga kesabaran. Tapi anda juga harus bisa memberikan kritik dan saran kepada dirinya tentang keegoisannya. Tapi ingat, kritik dan saran yang anda berikan jangan terlalu menyinggung dan harus kritik serta saran yang bisa menggugah hatinya agar bisa menjadi lebih baik lagi tanpa mengandalkan keegoisannya.

7. Berikan skak mat

Maksud dari skak mat disini adalah anda memberikan suatu pembicaraan yang bisa membuatnya terdiam dan tak bisa berkata lagi. Hal ini perlu anda lakukan apabila anda telah melakukan semua cara untuk merubahnya namun tidak ada hasil yang ditunjukkan olehnya. Berikan suatu perkataan yang dapat menghentikan ucapannya. Misal, "Anas, kamu adalah sahabat saya. Jadi tolong dengarkan saran saya! Jangan pernah egois. Apabila kamu tak mau mendengarkan, maka kamu bukan lagi sahabat saya!". Mungkin disini kitalah yang terlihat egois. Namun hal ini demi kebiakan dirinya agar bisa merubah sifat dan sikapnya menjadi lebih baik lagi.

Demikianlah cara cerdas hadapi teman yang egois. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef