7 Hal yang dapat Merusak Hati Anda

Hal yang dapat merusak hati anda - Hati adalah salah satu organ yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Bahkan hati pun memiliki fungsi lebih dari 500 fungsi yang berbeda dalam tubuh. Ini sebabnya hati sangatlah penting untuk dijaga kesehatannya.

Beberapa fungsi hati yang dijalankan dalam tubuh antara lain metabolisme, pencernaan, penyimpanan nutrisi, serta pembuangan racun dalam tubuh. Jika kesehatan hati terganggu, maka tubuh pun akan menjadi lemas karena hati tidak bisa menjalankan fungsinya secara maksimal. Ini sebabnya jangan sampai anda merusak kesehatan hati.

Untuk menghindari kerusakan pada hati anda, Tentunya anda perlu melakukan usaha dengan cara yang benar. Tapi, sebelum anda melakukan cara untuk mencegah dan menghindarinya, anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab hati anda bisa rusak. Nah, berikut ini tujuh hal yang dapat merusak hati anda:
7 Hal yang dapat Merusak Hati Anda
Hal yang dapat Merusak Hati Anda

1. Alkohol

Alkohol merupakan salah satu minuman yang memiliki tingkat bahaya paling tinggi. Ya, selain menghilangkan akal pikiran dan memabukkan, alkohol juga dapat mengalihkan fungsi hati dan hati pun akan berfokus mengkonversi alkohol untuk mengurangi racun yang ada didalamnya. Dan apabila hal ini terjadi terus menerus, maka hati anda akan mengalami penyakit hati yang berlemak. sirosis, dan radang hati.

2. Obesitas

Obesitas adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki berat badan berlebih karena menumpuknya lemak dan kolesterol. Apabila terjadi penumpukan lemak dalam tubuh, maka lemak tersebut akan cenderung menumpuk pada hati. Inilah yang menjadi penyebab hati anda akan terserang penyakit hati berlemak. Bukan hanya itu, obasitas juga ada kaitannya dengan gagal hati dan juga sirosis hati.

3. Asupan garam yang tinggi

Memang dalam tubuh juga membutuhkan asupan garam. Namun jika ternyata asupan garam yang tinggi dalam tubuh akan dapat membuat hati anda mengalami gangguan. Hal ini akan menyebabkan penyakit hati berlemak dengan membangun cairan dalam hati dan pembengkakan pada hati. Kurangilah asupan garam pada tubuh anda agar terhindar dari kerusakan hati.

4. Terlalu sering menggunakan obat

Anda pasti tahu kalau terlalu sering mengonsumsi obat tidaklah baik untuk kesehatan. Salah satunya akan menyebabkan kerusakan pada hati. Semua jenis obat akan menimbulkan efek samping bila dikonsumi terlalu sering. Beberapa jenis obat yang perlu anda lebih waspadai adalah obat anti-depresan, kartikosteroid atau untuk peradangan, dan obat penghilang rasa sakit.

5. Merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti yang dituliskan pada bungkusnya. Salah satu penyakit yang disebabkan karena sering merokok adalah penyakit hati. Anda patut waspada, kandungan kimia pada rokok akan meningkatkan stres oksidatif ketika telah mencapai hati. Kondisi ini akan dapat merusak sel-sel hati anda.

6. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dapat meningkatkan resiko penyakit hati hingga 50 persen. Orang yang mengalami diabetes akan memiliki resistensi insulin, yaitu peningkatan insulin yang memicu kenaikan berat badan. Kondisi inilah yang menyebabkan hati anda akan mengalami penyakit hati berlemak. Rutinlah mengecek gula darah anda dan tetap jaga kesehatn.

7. Infeksi penyakit

Beberapa bentuk infeksi penyakit ternyata juga dapat memicu kerusakan pada hati. Virus hepatitis A, B, C, dan hepatitis autoimmun akan menyerang sel-sel hati yang menyebabkan peradangan. Apabila tak segera ditangani dengan baik dan tepat, hepatitis ini akan dapat menyebabkan penyakit sirosis hati. Dan secara bertahap jika tak ditangani akan menyebabkan gaga hati. 

Demikianlah 7 hal yang dapat merusak hati anda. Jagalah hati anda dengan pola hidup sehat, karena hati merupakan organ dalam yang sangat vital. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef