6 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara mudah meningkatkan daya tahan tubuh - Tubuh yang fit, pekerjaan pun akan lancar dan cepat terselesaikan. Karena dengan tubuh yang fit, daya tahan tubuh akan meningkat dan semangat pun ikut meningkat. Namun bagaiman jika daya tahan menjadi turun seperti dimusim sekarang ini yang tidak menentu?

Cuaca yang tidak menentu memang menjadi salah satu penyebab daya tahan tubuh menjadi menurun. Bahkan akibat penurunan daya tahan tersebut membuat tubuh menjadi mudah terserang berbagai macam penyakit seperti flu, batuk, dan penyakit lainnya. Disaat anda terserang penyakit tersebut, tentu anda terkadang akan memilih kapsul atau pil untuk penyembuhan. Itu memang bisa dijadikan solusi. Namun alangkah lebih baik kalau dengan cara selalu menjaga pola hidup sehat.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda yang menurun. Anda bisa melakukan beberapa cara yang bisa mendukung hal itu. Seperti olahraga rutin dan juga mengkonsumsi makanan bergizi serta tidak sembarangan. Anda bisa melakukan enam cara mudah berikut ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

6 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Jaga kebersihan tangan

Tangan yang kotor tentu menjadi penyebab umum bagi mereka yang daya tahan tubuhnya menurun. Karena tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi media penyebaran bakteri penyebab penyakit. Bakteri ini akan bisa masuk dalam tubuh anda dengan melalui perantara saat anda makan tidak cuci tangan dan sebagainya. Sebab itu anda perlu menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari bakteri penyebab penyakit yang bisa menurunkan daya tahan tubuh anda.

2. Memiliki jam tidur yang teratur

Tahukah anda kalau terlalu sering begadang akan menyebabkan sistem imun dalam tubuh manusia menjadi menurun drastis. Hal ini akan membuat tubuh anda menjadi mudah terserang virus dan sulit melawannya. Sebab itu, aturlah jam tidur anda secara teratur. Tidur tepat waktu dan bangun tepat waktu. Anda pun perlu melakukan hal itu berulang setiap harinya diwaktu yang sama. Ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

3. Menambah asupan bawang putih

Berdasarkan study yang dilakukan di University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa mengkonsumsi lebih banyak bawang putih bukan hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh, namun juga dapat mencegah anda dari penyakit jantung. Bukan berarti anda harus makan bawang putih dalam keadaan mentah, anda bisa mengolahnya untuk campuran makanan lain sebagai bumbu.

4. Konsumsi sup ayam

Berdasarkan study yang telah dilakukan bahwa sup yang terdapat campuran sayuran dan ayam memiliki efek anti peradangan ringan yang bermanfaat untuk tubuh. Ini membuktikan bahwa sup ayam mampu meningkatkan daya tahan tubuh anda. Selain rasanya yang enak dan sedap juga bermanfaat untuk kesehatan. Anda bisa mencampurnya dengan berbagai macam sayuran.

5. Rajin berolahraga

Ya, olahraga memang telah dikenal dapat membuat tubuh tetap sehat, kuat, dan awet muda. Olahraha secara rutin mampu meningkatkan daya tahan tubuh anda secara makasimal. Namun anda juga harus ingat, jangan berlebihan dalam melakukannya. Istirahatlah jika anda lelah, jangan memaksakan. Olahraga ini dapat melancarkan sel-sel darah putih, ini memungkinkan tubuh anda bisa mendeteksi penyakit lebih dini, sehingga anda bisa melakukan penanganan lebih cepat.

6. Jauhi stres

Jauhilah berbagai macam hal yang bisa membuat anda stres. Apapun itu. Jika keadaan memaksa anda untuk melakukan hal tersebut, maka setelah itu lakukanlah hal yang bisa meredakan stres anda. Seperti refresing jalan-jalan atau sebagainya. Pikiran dan tubuh yang rileks akan dapat membantu melawan antibodi dan infeksi dengan cara lebih baik dan lebih maksimal. 

Demikianlah informasi tentang 6 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef