5 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Penyebab perut buncit dan cara mengatasinya - Perut yang membesar dan buncit memang sangat mengganggu aktivitas. Karena biasanya perut yang besar dan buncit akan lebih sering merasa lelah dan malas. Bukan hanya itu, penampilan pun akan menjadi kurang maksimal ketika perut anda mulai membuncit. Akhirnya rasa percaya diri pun menjadi berkurang.

Apakah anda pernah mengalami perut buncit? Anda merasa kalau anda tidak sedang hamil atau tidak sedang mengalami kenaikan berat badan signifikan. Tapi perut anda secara perlahan mengalami pembesaran. Dan anehnya besarnya perut tidak dibarengi tubuh yang lainnya. Apa yang terjadi? Jika hal ini terjadi pada diri anda, sebaiknya anda patut waspada dan segeralah mencari tahu penyebabnya.

Agar anda lebih mudah mencari tahu apa sebenarnya yang menjadi penyebab perut anda menjadi buncit. Berikut ini ada beberapa penyebab perut buncit serta cara mengatasinya yang perlu anda ketahui:

5 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya
Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

1. Ketidakseimbangan hormon

Mungkin saja perut anda yang membuncit adalah karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh anda. Jika anda berada pada masa  pramenstruasi dan tahap awal kehamilan. Pada saat itulah kadar progesteron akan meningkat dan dapat mengakibatkan gerakan usus menjadi lambat. Hal ini akan memicu terjadinya kembung dan bahkan sembelit. Perbanyaklah olahraga untuk mengatasinya. Atau anda bisa melakukan aktivitas berjalan 30 menit dalam sehari. Dan anda juga bisa memperbanyak konsumsi air putih, buah, sayur, dan biji-bijian.

2. Perut kembung

Perut kembung bisa menjadi salah satu penyebab kebuncitan pada perut anda. Pada normalnya seseorang mengalami perut kembung  sampai 15 kali sehari. Jika hal anda merasakan tidak nyaman pada perut kembung tersebut, anda bisa mengatasinya dengan mengurangi makanan tinggi karbohidrat seperti brokoli, kacang-kacangan, kubis, apel, dan lainnya. Karena makanan ini akan dicerna perlahan dan akan melepaskan sejumlah gas belerang yang melewati usus. Dan juga kunyahlah makanan hingga benar-benar halus.

3. Gangguan usus besar

Ketika anda mengalami gangguan usus besar, anda perlu melakukan penanganan yang berkesinambungan. Karena hal ini dapat menyebabkan perut kembung dalam waktu lama dan akan terasa nyeri, sembelit, atau diare. Dan hal ini akan bisa menyebabkan perut anda menggelembung secara perlahan. Sebaiknya kurangi makanan sereal serat seperti roti gandum, biskuit digestive, dan sereal bar. Cobalah selama tiga bulan untuk mendapat hasilnya.

4. Penyakit celiac

Penyakit celiac juga bisa menjadi salah satu penyebab perut anda membuncit. Jika anda sering merasa lelah dan juga kehilangan berat badan tanpa alasan jelas dan perut juga terasa sakit. Itu beberapa efek dari penyakit ciliac. Celiac adalah penyakit autoimun dimana tubuh salah mengartikan gluten sebagai ancaman dan menyerangnya. Ini dapat merusak permukaan usus kecil yang kemudian akan mempengaruhi  kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi. Hindari gandum, barley dan rey untuk sementara waktu.

5. Kanker ovarium

Inilah salah satu penyebab yang paling tidak diharapkan. Anda perlu waspada lagi. Jika perut anda buncit dan terasa kembung terus menerus serta terasa kenyang padahal tidak makan apa-apa yang diiringi dengan rasa sakit perut, maka mungkin saja ini gejala kanker ovarium. Pahamilah gejala kanker ovarium untuk lebih waspada. Gejala umumnya adalah perut membesar secara perlahan, terasa sakit saat buang air kecil, dan sulit mengkonsumsi makanan.

Demikianlah informasi tentang 5 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya. Perut buncit selain membuat kita tidak nyaman, perut buncit juga dapat mengundang berbagai penyakit. Oleh sebab itu, perut buncit harus diatasi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef