5 Cara Sederhana Cegah Penyakit Jantung

Cara sederhana cegah penyakit jantung - Jantung adalah salah organ tubuh yang memiliki peran sangat penting. Fungsi jantung itu sendiri adalah memompa darah keseluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan. Dengan kata lain jantung berfungsi membersihkan tubuh dari hasil metabolisme dan menyediakan oksigen cukup. Lalu bagaimana kalau jantung kita terganggu?

Jantung berperan sangat penting bagi kehidupan masnusia. Jika terjadi gangguan pada jantung, tentu kesehatan tubuh akan menurun drastis. Karena darah tidak bisa memompa darah dan menyediakan oksigen dengan maksimal. Ini sebabnya anda perlu untuk menjaga kesehatan jantung agar tidak terjadi masalah pada jantung. Lalu apa penyebab jantung anda terganggu? Salah satunya adalah karena pola hidup yang tidak sehat dan makan yang tidak teratur serta sembarangan.

Jagalah tubuh dan jantung anda denga menjaga pola hidupa sehat. Anda juga bisa melakukan banyak cara untuk mencegah gangguan penyakit jantung. Agar lebih mudah, anda bisa melakukan lima cara sederhana berikut ini untuk mencegah penyakit jantung:

5 Cara Sederhana Cegah Penyakit Jantung
Cara Sederhana Cegah Penyakit Jantung

1. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang kurang sehat. Tahukah anda kalau peringatan yang tertulis di bungkus rokok bukan hanya sekedar untuk penghias, tapi itu benar-benar peringatan bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok. Selain membahayakan paru-paru, rokok juga dapat membahayakan kesehatan jantung anda.

2. Berhenti mengkonsumsi alkohol

Alkohol adalah salah satu minuman yang dapat menghilangkan akal pikiran seseorang. Siapapun yang meminumnya pasti akan kehilangan kesadaran, dan itu akan berbahaya bagi diri sendiri dan juga orang lain. Bukan hanya itu, kesehatan jantung anda pun akan terganggu kalau anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol.

3. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang memiliki lemak dan berat badan yang berlebih atau obesitas, tentu diet atau menurunkan berat badan adalah pilihan utama. Apalagi obesitas merupakan penyakit yang fatal bila tak segera ditangani. Karena obesitas mampu mengganggu kesehatan jantung. Kemungkinan akan terjadi serangan jantung dan bahkan hingga stroke.

4. Mengkonsumsi makanan yang tepat

Konsumsilah makanan yang benar-benar tepat dan dapat mendukung kesehatan tubuh serta jantung anda. Pilihlah beberapa jenis makanan yang direkomendasikan, seperti buah-buahan, sayuran, dan juga biji-bijian. Dalam memilih dan mengolah makanan tersebut pun anda perlu hati-hati. Karena pengolahan yang salah juga akan memicu penyakit jantung.

5. Olahraga

Selain melakukan diet makanan, anda juga perlu melakukan berbagai macam olahraga secara rutin. Tidak perlu olahraga yang berat-berat, cukup dengan olahraga ringan namun tetap konsisten dan rutin dilakukan. Mungkin anda bisa menjadwal rutin setiap hari libur pagi melakukan lari-lari kecil keliling komplek  dan sebagainya.

Demikianlah 5 cara sederhana untuk mencegah penyakit jantung. Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh kita. Oleh sebab itu kita harus menjaganya agar tetap sehat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef