5 Cara Ampuh Atasi Kenakalan pada Anak

Cara ampuh atasi kenakalan pada anak - Pada usia anak-anak memang masa-masanya kesenangan dalam bermain. Ya, di masa itu pula sang anak akan merasa ingin tahu yang lebih besar tentang hal baru. Bahkan akibat besarnya keingintahuannya sampai melakukan hal yang tidak pernah kita duga.

Sebagai orang tua tentu sudah menjadi kewajiban untuk selalu menjag sang anak dan mengawasi setiap gerak-geriknya. Apalagi di masa kecil, yaitu masa nakal-nakalnya. Kenakalan masa anak-anak memang terkadang sering membuat orang tua merasa kesusahan dalam mengurusnya. Karne sang anak terkadang susah di atur. Itu sebabnya orang tua perlu mendidiknya dari kecil.

Setiap orang memandang kenakalan dari sudut yang berbeda-beda. Dan semua itu pada intinya sama, yaitu kenakalan akibat rasa keingintahuan sang anak. Untuk mengatasi kenakalan pada anak. Anda bisa mencoba lima cara berikut ini yang ampuh atasi kenakalan anak:

5 Cara Ampuh Atasi Kenakalan pada Anak
Cara Ampuh Atasi Kenakalan pada Anak

1. Jangan biarkan anak bicara buruk

Berbicara tentang kata-kata yang diucapkan sang anak biasanya bermula dari pergaulan yang tidak baik dengan teman-teman yang tidak baik pula. Jadi, jika anda menemukan anak anda mulai berbicara tidak sopan, coba lihat dengan siapa ia bergaul. Dan juga, apakah anda pernah mengatakan perkataan yang tidak sopan yang pernah didengar sang anak? Mungkin saja ia meniru anda. Didiklah anak untuk selalu berbicara dengan sopan pada siapapun.

2. Berhenti mengabaikan kebiasaan jelek

Mungkin kebanyakan orang tua mengira kalau keburukan anak akan hilang dengan sendirinya kalau ia sudah besar. Iya kalau dia mengerti dan mau merubahnya, kalau tidak? Jangan menyepelekan keburukan yang dilakukan sang anak meskipun itu kecil Benarkan dan luruskan apa yang salah pada anak. Hal ini akan berpengaruh pada sang anak hingga besar dan tua nanti.

3. Ajarkan anak menanggung konsekuensi

Mungkin sudah hal biasa ketika anda melihat anak anda menangis, merengek, memukul, menggigit, atau melakukan hal sebagainya. Justru anggapan anda yang menganggap hal itu biasa itu salah. Anda jangan menganggap hal itu biasa dan juga jangan dibiarkan. Ini akan mempengaruhi masa depannya. Ketika dia melakukan hal semacam itu pada anda, cobalah perlihatkan rasa sedih, atau menangis, atau kesakitan, atau yang lainnya. Dan mintalah si kecil untuk mempertanggungjawabkan dan minta maaf. Lakukan hal ini sedikit demi sedikit. Anak akan mengerti arti tanggung jawab.

4. Berlakukan etika saling menghargai

Saling menghargai itu penting. Ajarkan anak untuk selalu menghargai setiap apa yang dilakukan orang lain. Misalkan, sebelum si kecil minta bantuan, ajarkan kepada dirinya untuk membiasakan mengucapkan kata "tolong" kepada orang yang dimintai bantuan. Lalu kata "terimakasih" setelah si kecil mendapat bantuan. Ini akan mengajarkan sikecil tau tentang arti saling menghargai.

5. Jangan sampai orang tua 'kecolongan'

Jangan sampai anda kecolongan kata-kata yang tidak patut didengar oleh anak. Misal, ketika anda mengajak keluarga makan direstoran, lalu pelayan tidak memberikan makanan sesuai pesanan. Jangan samapi anda marah-marah maupun melontarkan kata-kata kotor. Ingat! anak anda ada disamping anda, jangan berbuat yang senonoh. Karena kemungkinan besar akan meniru perbuatan dan perkataan yang anda lakukan tersebut.

Demikianlah 5 cara ampuh atasi kenakalan pada anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef