5 Bahan Alami untuk Obati Amandel

Bahan alami untuk obati amandel - Radang amandel adalah suatu penyakit infeksi yang terjadi pada amandel yang menimbulkan pembengkakan dan rasa sakit. Amandel sendiri andalah suatu ganjalan daging yang sebenarnya adalah kelenjar getah bening yang terletak pada dua sisi tenggorokan bagian belakang.

Amandel merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang membantu melawan infeksi. Tapi jika ternyata amandel sendiri terkena infeksi atau radang, maka hal ini akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Biasanya radang amandel terjadi pada usia anak-anak. Namun juga tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada orang dewasa dan orang tua. Ini sebabnya perlu berhati-hati dengan selalu menjaga kebersihan mulut dan juga makanan yang dikonsumsi.

Untuk mencegah atau mengobati amandel, anda perlu melakukan tindakan yang cepat dan tepat. Ada banyak obat yang bisa anda pilih untuk mengobati. Dan yang paling dianjurkan adalah obat alami langsung dari bahan alami. Nah, berikut ini beberapa bahan alami untuk obati amandel:

5 Bahan Alami untuk Obati Amandel
Bahan Alami untuk Obati Amandel

1. Kayu manis

Kayu manis memang telah dikenal khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Selain dijadikan sebagai campuran bumbu masakan atau kue, kayu manis juga bisa anda gunakan untuk mengobati sakit amandel. Sifat anti-mikroba pada kayu manis sangat efektif membantu penyembuhan amandel.

Caranya, anda bisa menambahkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dalam segelas air. Campurkan 2 sendok teh madu. Minumlah saat masih dalam keadaan hangat. Anda bisa menghirup uapnya terlebih dahulu sebelum meminumnya. Minum 2-3 kali dalam seminggu.

2. Air garam

Air garam adalah salah satu bahan alami yang paling mudah digunakan untuk pengobatan amandel. Ya, air garam memiliki efek menenangkan dan membantu mengurangi peradangan dengan membunuh virus serta bakteri pengganggu.

Caranya, Campurkan 1 sendok teh garam kedalam secangikir air hangat. Aduk hingga garam tercampur rata. Lalu gunakanlah air garam untuk  berkumur. Tapi ingat, hanya gunakan untuk berkumur dan jangan ditelan.

3. Lemon dan madu

Lemon dan madu juga salah satu bahan alami yang memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Kedua sifat itulah yang ampuh untuk mengatasi infeksi dan peradangan pada amandel. Kandungan vitamin C pada lemon juga sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Caranya, Peras 1 buah lemon dan masukkan pada satu gelas air hangat. Tambahkan sedikit garam. Lalu tambahkan satu sendok teh madu. Setelah tercampur rata, anda bisa meminumnya secara perlahan. Lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari.

4. Daun kemangi

Daun kemangi merupakan salah satu daun yang kaya manfaat sebagai obat karena memiliki sifat anti virus dan anti peradangan. Selain itu, kemangi juga bersifat menenangkan serta penyembuhan. Dengan daun kemangi akan mengurangi pembengkakan dan peradangan pada amandel.

caranya, siapkan setengah gelas air dan tambahkan 10-12 daun kemangi. Rebus selama 10 menit dan jangan lupa tambahkan perasan air lemon satu buah. Tambahkan satu sendok teh madu agar lebih manis. Lalu minum secara perlahan.

5. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kunyit bersifat antiseptik dan anti peradangan yang cukup kuat. Sangat baik untuk melawa infeksi dan melegakan amandel.

Caranya, Anda bisa menggunakan susu atau tidak. Jika ingin menggunakan susu, siapkan 1 gelas susu hangat dan campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dan sejumpt lada hitam. Minum pada malam hari. Lakukan secara rutin 2-3 hari berturut-turut. 

Demikianlah 5 Bahan Alami untuk Obati Amandel. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef