4 Bahaya Menggunakan Kawat Gigi

Bahaya menggunakan kawat gigi - Sekarang ini lagi ngetren-ngetrennya menggunakan kawat gigi. Ya, bahkan dengan mudah anda bisa menemukan orang yang menggunakan kawat gigi. Mungkin dalam pikiran anda bertanya, apa sih tujuannya menggunakan kawat gigi?

Kawat gigi yaitu suatu rangkaian kawat khusus yang dipasang pada gigi untuk membuat pertumbuhan gigi menjadi lebih rata. Sehingga ketika pertumbuhan gigi terus berlangsung tidak ada gigi yang tumbuh kesamping. Namun bagi anak remaja sekarang, bukan hanya itu saja tujuan dari dipasangnya kawat gigi. Justru sekarang kawat gigi juga menjadi salah satu asesoris untuk menghias gigi. Ya, banyak yang memasang kawat gigi yang juga untuk membuat penampilan menjadi lebih menarik.

Namun, tahukah anda kalau ternyata kawat yang dipasang di gigi itu memiliki efek negatif atau efek yang berbahaya? Mungkin tidak seberbahaya yang anda pikirkan. Tapi jika pemasangan yang salah atau tidak ada perawatan dengan baik, justru akan berakibat buruk pada gigi dan mulut. Nah, berikut ini empat bahaya menggunakan kawat gigi:

4 Bahaya Menggunakan Kawat Gigi
Bahaya Menggunakan Kawat Gigi

1. Kerusakan jaringan didalam mulut

Ketika pemakaian awal beberapa minggu setelah pemasangan kawat gigi, akan terasa mengalami luka didalam mulut. Hal ini dikarenakan mulut sedang menyesuaikan diri dengan pemakaian kawat pada gigi. Namun tidak jarang juga hal ini justru membuat mulut anda mengalami lecet, luka, pendaraha, dan bahkan nyeri.

2. Kerusakan kawat gigi

Kawat gigi yang dipasang pada gigi memang dirancang kuat. Meskipun kuat bukan berarti akan selalu bertahan. Mungkin suatu saat akan terkikis dan menyodok mulut bagian dalam. Selain itu, bantalan kawat gigi juga bisa rusak apabila makanan yang dikonsumsi merupakan makanan bertekstur keras, seperti kacang, es batu, krupuk keras, dan makanan lainnya.

3. Nyeri rahang dan sakit lainnya

Pemasangan kawat gigi juga memiliki efek samping utama, yaitu rahang akan terasa nyeri hingga menjalar pada sakit kepala. Sehingga ketika dokter mengencangkan kawat gigi, rahang akan terasa tegang  dan ketat. Tubuh akan merespon tarikan tersebut yang akhirnya terjadi inflamasi yang menjadikan sakit kepala. Sebab itu bila mengkonsumsi makanan bertekstur keras di awal pemakaian kawat gigi akan bisa menyebabkan pendarahan dan nyeri gusi.

4. Resorpsi akar

Resorpsi akar merupakan pemendekan akar gigi yang biasanya dialami oleh pemakai kawat gigi. Berdasarkan penjelasan dari Adel Bou Saba, seorang dokter gigi dari Brace Place, mengatakan bahwa resorpsi akar sering terjadi pada mereka yang menggunakan kawat gigi dalam jangka waktu lama. Jadi, akan beresiko resorpsi akar bagi mereka yang menggunakan kawat gigi dalam jangka waktu lama. 

Demikianlah 4 Bahaya Menggunakan Kawat Gigi. Pikirlah kembali jika anda ingin memakai kawat gigi, karena kawat ggi bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef