Tips Cerdas Atasi Demam pada Anak

Tips cerdas atasi demam pada anak - Di musim yang tidak menentu ini, terkadang panas dan juga terkadang hujan, dan bahkan sampai hujan yang begitu lebat, tentu banyak virus dan bakteri yang mengintai kesehatan sang buah hati. Ya, anda sebagi orang tua tentu tidak ingin kan anaknya terserang penyakit?

Ketika anak anda terserang bakteri atau virus yang menyebabkan anak anda sakit demam, pasti anda sebagai orang tua merasa khawatir dan akan segera melakukan tindakan untuk mengobati sang anak. Tapi anda juga perlu tahu kalau demam sebenarnya adalah cara tubuh dalam memerangi infeksi. Sehingga tidak heran jika tiba-tiba tubuh mengalami demam. Pada umumnya demam adalah suatu penyakit ringan yang disebabkan akibat virus yang mengendap dengan sendirinya. Meskipun demikian, bukan berarti anda meremehkan ataupun bahkan histeris mengkhawatirkannya.

Ketika anak anda terserang demam, usahakan tetap tenang namun tetap melakukan tindakan sesegera mungkin, yaitu melakukan suatu hal untuk kesembuhan sang anak. Agar lebih mudah, cobalah tips cerdas berikut ini untuk atasi demam pada anak:

Tips Cerdas Atasi Demam pada Anak
Tips Cerdas Atasi Demam pada Anak

1. Jangan terburu-buru berikan antibiotik

Tahukah anda kalau sebagian besar anak yang mengalami demam tidak membutuhkan antibiotik. Sebab itu lebih baik anda memberikan parasetamol sederhana untuk kesembuhan. Jikalau dokter memberikan antibiotik pada sang anak, itu berarti dokter mencurigai adanya campuran infeksi bakteri pada demam yang dialami anak.

2. Menjaga kebersihan tangan

Cara ini memang terbilang hal yang remeh, sepele, dan juga sederhana. Tapi inilah yang seringkali dilupakan oleh sang ibu dalam mendidik anak. Yaitu menjaga kebersihan tangan. Saat anak ingin melakukan suatu hal seperti memakan makanan, biasakan sang anak untuk membersihkan tangannya terlebih dahulu. Begitu pula sesudah makan. Ini akan mencegah masuknya bakteri jahat pada tubuh.

3. Minuman elektrolit

Anda merasa demam si kecil berbeda dengan biasanya. Dia mengalami muntah  atau diare. Jika hal itu terjadi pada anda, berilah dia banyak cairan dan air. Dengan memberikan munuman elektrolit seperti larutan (campuran gula dan garam), jus buah, atau juga air putih sangat baik untuk mencegah dehidrasi dan juga mencegah datangnya penyakit.

4. Spons mandi untuk menurunkan panas

Anda menjumpai sang anak mengalami demam panas tinggi. Anda bisa menggunakan spons mandi untuk menurunkan suhu. Selain itu, anda bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan dan juga mengkompresnya agar panasnya cepat mereda.

5. Hindari air setelah muntah

Jika anda menjumpai anak anda muntah, jangan langsung memberikannya minuman apapun termasuk air putih. Tunggulah selama kurang lebih 30 menit, setelah itu berikan dia minuman air putih terlebih dahulu. Kalau bisa air putih hangat.

6. Mengkonsumsi produk segar

Usahakan si kecil tidak mengkonsumsi produk kemasan yang biasa dibeli diluar. Akan lebih baik mengkonsumsi buah-buahan yang masih segar, jus buah buatan sendiri, ataupun makanan yang dimasak sendiri. Ini akan lebih baik dan dapat menurunkan demam sang anak daripada mengkonsumsi jajanan makanan olahan dari luar.

7. Probiotik

Probiotik sangatlah penting untuk tubuh sang anak. Pemberian probiotik pada anak akan mampu meningkatkan sistem kekebalan anak dan juga memperlancar pencernaan. Usahakan agar jangan lupa memberikan probiotik terutama pada saat si kecil sakit demam.

8. Dehidrasi

Coba lihat pada si kecil. Apakah dia tidak buang air dalam waktu 5-6 jam? Jika iya, maka kemungkinan besar si kecil mengalami dehidrasi. Berikan ia lebih banyak cairan lagi agar tubuhnya bisa terhidrasi dengan sempurna.

9. Segera kunjungi dokter

Ini merupakan pilihan terakhir, jika si kecil mengalami demam yang tak kunjung sembuh selama lebih dari tiga hari. Dan juga si kecil sering muntah bahkan hingga 5-6 kali dalam sehari, ini pertanda anda perlu waspada. Bawalah ke dokter dan lakukan pengecekan serta penanganan lebih lanjut agar si kecil bisa cepat disembuhkan.

Demikianlah tips cerdas atasi demam pada anak. Jangan panik terlebih dulu jika anak mengalami demam, dengan cara atau tips diatas, demam dapat diatasi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef