5 Penyakit Berbahaya yang Ditandai dengan Gusi Berdarah

Penyakit berbahaya yang ditandai dengan gusi berdarah - Anda pernah mengalami sakit gigi? Atau malah sering? Coba anda teliti penyebabnya. Apakah anda rutin sikat gigi atau malah jarang dan tidak sama sekali? Dan coba perhatikan makanan yang anda konsumsi. Mingkin saja itu merupakan penyebab gigi anda sakit.

Saat anda merasa gigi anda sakit, belum tentu yang sakit gigi anda, namun gusi anda. Ya, seringkali orang merasa giginya sakit namun sebenarnya yang sakit adalah gusinya. Apakah gusi anda sering mengeluarkan darah saat disikat? atau saat berkumur? Coba anda periksakan ke dokter terdekat. Karena mungkin saja itu merupakan salah satu gejala penyakit yang berbahaya, seperti penyakit diabetes, leukimia, HIV, dan lainnya.

Memang ada beberapa penyakit yang memiliki gejala dengan keluarnya darah pada gusi. Namun juga belum tentu gusi yang mengeluarkan darah merupakan tanda penyakit berbahaya. Yang paling penting adalah penanganan tepat dan cepat agar tidak terjadi iritasi dan infeksi. Berikut ini lima penyakit berbahaya yang ditandai dengan gusi berdarah:

5 Penyakit Berbahaya yang Ditandai dengan Gusi Berdarah
Penyakit Berbahaya yang Ditandai dengan Gusi Berdarah

1. Diabetes

Mungkin anda bingung, apakah ada hubungannya diabetes dengan gusi yang berdarah? Ada, dan bahkan ada hubungan kuat antara diabetes dengan penyakit peridontal termasuk radang gusi. Gusi yang pertama juga bisa jadi gejala pertama penyakit diabetes. Jagalah kesehatan mulut anda termasuk gusi anda agar tidak terjadi infeksi.

2. HIV

Berdasarkan penelitian, 90% penderita HIV yang positif, mengalami setidaknya satu gangguan oral, termasuk penyakit gusi dan gusi berdarah. Namun anda harus tahu jika gusi yang berdarah juga belum tentu gejala dari HIV. Sebaiknya jika gusi anda selalu berdarah, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan keterangan dan penanganan.

3. Trombositopenia

Penyakit ini merupakan suatu penyakit akibat kekurangan trombosit dalam darahnya. Kondisi ini dapat menyebabkan pendarahan jaringan gusi, memar, dan pembekuan darah. Segeralah untuk diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan juga keterangan lebih lanjut. Jangan biarkan jika gusi anda selalu mengeluarkan darah.

4. Leukimia

Jika anda telah melakukan perawatan mulut secara rutin namun masih saja keluar darah pada gusi anda, anda perlu penanganan langsung dari dokter. Mungkin saja ini gejala leukimia. Infiltrasi gingva oleh sel-sel leukimia dapat memunculkan pendarahan. Kondisi ini memerlukan penanganan sesegera mungkin. Jangan biarkan begitu saja jika anda menemukan gusi anda selalu berdarah.

5. Kehamilan

Ini merupakan suatu hal yang umum bagi wanita. Di masa kehamilan, seorang wanita biasanya mengalami gusi berdarah dan juga gusi sensitif. Hal ini disebabkan karena hormon kehamilan dapat menyebabkan gusi menjadi membengkak dan meradang. Akhirnya gusi menjadi lebih mudah berdarah. Namun anda harus tahu jika kebersihan mulut merupakan peranan penting bagi perkembangan janin. Sebab itu anda harus tetap menjaga mulut anda agar gusi tetap sehat dan mulut juga sehat.

Demikianlah 5 Penyakit Berbahaya yang Ditandai dengan Gusi Berdarah. Berhati-hatilah ketika gusi berdarah, karena bisa jadi itu adalah pertanda anda terserang penyakit serius, cobalah untuk periksa ke dokter. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef