7 Makanan yang dapat Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Makanan yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah pada arteri mengalami peningkatan. Akibat peningkatan ini akan membuat jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh banyak faktor. Pada umumnya disebabkan oleh faktor kebiasaan yang kurang sehat. Mulai dari pola hidup yang tidak tertata dengan baik hingga konsumsi makanan yang tidak teratur serta sembarangan. Banyak dari kita yang mengkonsumsi makanan tapi tidak memperdulikan kandisi kelayakan, kandungan, serta kesehatan makanan yang dikonsumsi. Padahal ini sangat penting untuk kita perhatikan. Banyak makanan yang dapat menyebabkan hipertensi. Jika tidak teliti maka bukan hal mustahil kalau akan terkena hipertensi.

Hipertensi mampu memicu datangnya berbagai macam penyakit. Seperti penyakit stroke. Resiko berbahaya inilah yang akan mengintai mereka yang tidak berhati-hati dalam menjaga kesehatannya termasuk tekanan darahnya. Untuk mengontrol tekanan darah sebenarnya bisa dibilang mudah. Tidak perlu repot mencari produk yang mengandung banyak bahan kimia. Anda bisa memanfaatkan makanan sehat yang mendukung pengontrolan tekanan darah. Berikut ini tujuh makanan yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi:

7 Makanan yang dapat Mengontrol Tekanan Darah Tinggi
7 Makanan yang dapat Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

1. Bayam

Bayam memikliki kandungan magnesium dan kalium yang mampu menurunkan dan mengontrol tekanan darah pada tubuh anda dengan sehat dan efektif. Sangat cocok sayuran bayam ini anda tambahkan pada menu makanan sehat yang anda konsumsi sehari-hari.

2. Dark chocolate

Dark chocolate juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh. Bukan hanya menurunkan tapi juga menstabilkan. Hal ini dikarenakan dark chocolate mengandung flavonol, yaitu jenis antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara sehat.

3. Tomat

Sayuran atau buah tomat ini mengandung lycopene, yaitu antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi tomat yang diolah seperti apapun setiap harinya akan dapat menstabilkan tekanan darah dalam tubuh anda. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus, pasta, atau mungkin langsung dimakan.

4. Pisang

Pisang memiliki kandungan kalium yang juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh. Natrium dalam pisang pun tergolong rendah, baik untuk pembuluh darah. Mengkonsumsi satu atau dua buah pisang setiap harinya akan membantu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Anda juga bisa menambahkan buah lain seprti jeruk, melon, kismis, atau buah lainnya yang mendukung.

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa aliin yang mampu mempromosikan dilatasi arteri (pelebaran pembuluh darah). Sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah lebih stabil. Bawang putih juga dapat mencegah penggumpalan darah serta mengencerkan darah. Sangat cocok untuk anda yang ingin menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

6. Seledri

Seledri memiliki kandungan senyawa butylphthalide yang merupakan fitokimia yang membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Bukan hanya itu, seledri juga dapat membantu mengurangi stres yang dapat menyempitkan pembuluh darah. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai cara. Atau anda bisa memblendernya lalu diminum.

7. Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Lemon mampu membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan lemon mamapu membuat pembuluh darah menjadi lebih lembut dan fleksibel, sehingga tekanan darah menjadi turun. Anda bisa mengkonsumsi jus lemon dengan air hangat dipagi hari disaat perut kosong. Lakukan setiap hari untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh anda.

Demikianlah 7 makanan yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Jika anda memiliki masalah darah tinggi. Ketujuh makanan tersebut bisa membantu anda untuk mengontrol tekanan darah tinggi anda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef