Hal yang Harus Anda Pikirkan Sebelum Memutuskan untuk Bercerai

Hal yang harus anda pikirkan sebelum memutuskan untuk bercerai - Perceraian adalah salah satu momok yang paling ditakuti oleh setiap pasangan, baik dari pihak suami maupun pihak istri. Karena perceraianlah yang ternyata dapat membuat hubungan menjadi hancur total dan bahkan bermusuhan.

Jika anda berfikir ingin mengakhiri hubungan dengan memutuskan untuk bercerai, anda perlu mempertimbangkan banyak hal dan juga persiapan. Perceraian bukanlah jalan utama untuk menyelesaikan permasalahan. Namun jika memaksa untuk bercerai, perlu anda ketahui jika perceraian juga membutuhkan proses yang panjang. Bukan hanya pernikahan saja yang prosesnya panjang. Perceraian pun sama.

Memang setiap orang berhak mengajukan gugatan cerai, namun hal itu juga harus disertai dengan alasan yang benar-benar masuk akal dan tak mungkin bisa diselesaikan kecuali dengan cara bercerai. Jika hanya alasan spele, itu sama halnya bermain-main dengan cinta. Pikirkanlah untuk kedepannya, jangan asal memutuskan jika tak ingin menyesal selamanya. Berikut ini beberapa hal yang harus anda pikirkan sebelum memutuskan untuk bercerai:

Hal yang Harus Anda Pikirkan Sebelum Memutuskan untuk Bercerai
Hal yang Harus Anda Pikirkan Sebelum Memutuskan untuk Bercerai

1. Apakah anda akan lebih bahagia?

Banyak orang menyesal karena tak mendapatkan kebahagiaan setelah perceraian. Mungkin sebelum bercerai telah yakin akan lebih bahagia, namun kenyatannya tak pernah mendapatkan kebahagiaan seperti halnya masih bersamanya. Alhasil, penyesalanlah yang akhirnya datang menghantui dirinya. So, pikirkanlah matang-matang, apakah anda telah memiliki rencana matang yang bisa membuat anda bahagia lebih dari sekarang dan sebelumnya? Jika anda ragu, sebaiknya jangan pernah memutuskan bercerai. Dan juga jangan pernah memutuskan dengan emosi. Karena jika dengan emosi pasti kemungkinan besar akan menyesal dibelakang.

2. Pikirkan anak

Perceraian bukan soal anda dan pasangan anda. Ini juga menyangkut kehidupan anak-anak kalian berdua. Coba pikirkan, setelah anda bercerai, bagaimana nasib anak-anak? Tega melihat anak selalu merasaka penyesalan akibat perceraian orang tua? Bahkan sebagian besar perceraian selalu berdampak buruk bagi kehidupan anak. Ada yang anaknya tidak terdidik dengan baik, hingga menjadi ugal-ugalan. Coba pikirkan nasib sang anak sebelum benar-benar memutuskan untuk bercerai.

3. Ingat perjuangaan

Ingatlah dengan setiap perjuangan yang anda, dia, dan kalian berdua lakukan dalam membangun hubungan kisah cinta. Apakah anda akan mengorbankan begitu saja pengorbanan selama ini? Bahkan mungkin anda telah berkorban lebih banyak dari dirinya, apakah anda akan merelakan pengorbanan anda berakhir sia-sia? Dengan mengingat setiap perjuangan yang anda lalui bersama dirinya akan membuat anda menjadi lebih optimis dan percaya diri jika rumah tangga anda pasti bisa diperbaiki dan kembali harmonis.

4. Evaluasi hubungan

Coba lihatlah, siapa yang memulai atau yang menyebabkan permasalahan itu terjadi? Jangan gegabah untuk segera memutuskan hubungan. Ingat, pernikahan dijalani berdua bukan hanya 1 orang. Jika salah satu bersalah, cobalah untuk jangan sungkan meminta maaf dan memperbaiki kesalahan. Yakinlah segala permasalahan ada jalannya. Perceraian bukanlah jalan utama.

5. Masalah finansial

Faktor finansial yang mungkin akan anda hadapi setelah bercerai mungkin akan lebih berat. Anda akan mengalami perubahan besar dalam hidup anda jika anda benar-benar memutuskan untuk bercerai. Jangan terburu-buru, apakah anda yakin bisa menanggung semuanya sendiri tanpa kerja sama dengan dirinya? Itu akan sangat berat dalam kehidupan rumah tangga. Jangan mengabaikan konsekuensi yang akan terjadi jika anda tak ingin menyesal.

6. Beban mental

Bukan hanya finansial, mental pun akan terganggu jika anda memutuskan perceraian dengan emosi. Bahkan berdasarkan penelitian, sebagian besar perceraian berakhir dengan stres panjang. Dan ada juga yang bahkan berujung dengan hilangnya akal atau gila. Jadi, pikirkanlah matang-matang, jangan asal memutuskan saja. Jika anda mengabaikan kedepannya, kemungkinan besar penyesalan akan datang setelah perceraian. Bukan tak mungkin stres pun akan menyerang.

Demikianlha hal yang harus anda pikirkan sebelum memutuskan untuk bercerai. Pikirkan kembali sebelum anda memutuskan karena hal tersebut dapat membuat anda menyesal seumur hidup. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef