Gejala Diabetes yang Jarang Diketahui

Gejala diabetes yang jarang diketahui - Diabetes adalah suatu penyakit dimana penderitanya tidak bisa secara otomasti mengendalikan kadar gula darahnya (glukosa). Yang akhirnya gula dalam darahnya akan meningkat dan terus meningkat.

Diabetes memang tidak selalu menimbulkan gejala yang diduga oleh kita. Bahkan gejala yang kita anggap sepele ternyata juga termasuk gejala diabetes. Itu sebabnya banyak orang yang tidak menyadari kalau diri mereka sendiri telah menderita diabetes. Akibat gejala yang terkadang sulit untuk disadari kebanyakan orang, itu menuntut kita harus ekstra berhati-hati dan mewaspadari setiap gejala yang muncul pada tubuh, termasuk pada kulit.

Bukan hanya kulit saja, namun juga bagian tubuh lainnya yang telah ditetapkan menjadi titik munculnya gejala diabetes. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa gejala diabetes yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang:

Gejala Diabetes yang Jarang Diketahui
Gejala Diabetes yang Jarang Diketahui

1. Perubahan warna kulit

Berdasarkan penjelasan dari Sanjiv Saini, MD, Dermatolog Edgewater, Maryland, bahwa kadar insulin yang tinggi dapat mendorong pertumbuhan sel-sel kulit dan melanin. Pigmen inilah yang akhirnya akan merubah warna dan tekstur kulit. Kulit akan muncul bercak-bercak hitam. Jika telah mengetahui muncul bercak pada kulit, segeralah untuk cek gula darah. Setalah itu, cobalah untuk menurunkan berat badan setidaknya 4,5 kg. Berat badan yang turun juga akan membuat kadar gula dalam darah juga menurun.

2. Gangguan penglihatan

Jika anda mengalami gangguan pada penglihatan, waspadalah. Karena mungkin saja yang anda alami tersebut merupakan tanda awal gejala diabetes. Diabetes menyebabkan kadar cairan dalam tubuh bergeser, termasuk dalam mata yang mengarah pada penglihatan. Ini sebabnya anda perlu waspada dan segeralah untuk memerikasakn jika anda menjumpai gangguan tersebut.

3. Gangguan pendengaran

Bukan hanya gangguan penglihatan saja, namun juga gangguan pada pendengaran. Mungkin anda pernah menjumpai orang yang sering meminta orang lain untuk mengulang ucapannya karena tak begitu jelas mendengarnya. Jika anda menjumpai hal tersebut pada diri anda, segeralah cek kadar gula darah anda. Itu bisa jadi gejala awal diabetes.

4. Sering mendengkur

Mendengkur saat tidur mungkin merupakan hal yang biasa terjadi karena kecapean atau karena hal lainnya. Namun tahukah anda jika sering mendengkur ternyata juga bisa menjadi tanda awal penyakit degeneratif seperti diabetes. Selain itu, seorang direktur manajemen diabetes di Joslin Diabetes Center, Boston, Amerika Serikat, mengatakan bahwa orang yang menderita diabetes bukan hanya sering mendengkur saja, namun juga sering merasa mengantuk di waktu siang hari.

5. Sering merasa gatal-gatal

Sering merasa gatal-gatal mungkin merupakan hal yang biasa bagi anda dan sebagian besar orang. Entah karena itu hal sepele atau bagaimana. Namun anda harus tahu ini. Sering merasa gatal-gatal juga merupakan salah satu gejala diabetes. Hal ini pernah dijelaskan oleh asisten profesor kedoktean divisi di Vanderblit University, yang bernama Howard Baum. Ia mengatakan bahwa diabetes mengganggu sirkulasi darah yang menyebabkan kulit kering dan gatal.

Demikianlah gejala diabetes yang jarang diketahui. Diabetes merupakan salah satu penyakit serius yang wajib mendapatkan penanganan. Nah dengan mengetahui gejala-gejala tersebut, diabetes dapat cepat ditangani sebelum terlambat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef