7 Efek Buruk Kebiasaan Minum Kopi

Efek buruk kebiasaan minum kopi - Kopi memang minuman yang menjadi teman ngobrol bagi orang yang suka nongkrong dimalam hari. Ya, memang menyenangkan rasanya ketika mengobrol dengan banyak orang dan ditemani secangkir kopi nikmat sebagai pelengkap. Pasti akan betah semalaman begadang.

Bagi orang yang suka minum kopi, memang akan sulit jika harus meninggalkanpi begitu saja. Meskipun begitu, tapi anda harus tahu efek yang akan timbul akibat kebiasaan minum kopi yang tidak bisa anda tinggal tersebut. Memang kopi memiliki sisi positif yang dapat memberikan manfaat kesehatn bagi tubuh. Namun kopi juga memiliki sisi negatif yang dapat menurunkan kesehatan tubuh.

Selain manfaat baik, ada juga efek buruk yang akan anda dapat jika anda terbiasa minum kopi lebih dari 2 cangkir alam sehari. Minumlah kopi setiap hari setidaknya maksimal 2 cangkir dalam sehari. Jika terbiasa lebih dari itu, maka tujuh efek buruk berikut ini kemungkinan akan anda rasakan:

7 Efek Buruk Kebiasaan Minum Kopi
Efek Buruk Kebiasaan Minum Kopi

1. Gangguan pencernaan

Kopi memiliki kandungan kafein yang melimpah. Biasanya, orang yang kebiasaan minum minuman yang mengandung kafein terlalu banyak akan mengeluhkan masalah pencernaan. Terutama minuman kopi yang kandungan kafeinnya melimpah. Pastikan perut anda tidak kosong ketika akan minum kopi. Dan juga pastikan jangan minum terlalu banyak kopi demi kesehatan.

2. Inkontinensia

Berdasarkan penelitian, 70% pasien yang terlalu banyak mengkonsumsi kopi mengalami gangguan semacam ini. Memang kopi tidak dilarang, namun untuk menghindari inkontinensia, sebaiknya konsumsi kopi secukupnya dan jangan berlebihan setiap harinya.

3. Tekanan darah dan gula darah meningkat

Orang yang sering mengkonsumsi kopi akan berpotensi meningkatnya kadar gula darah dalam tubuhnya. Hal ini karena kandungan kafein yang memicu kenaikan gula dalam darah. Bahkan jika kadar gula darah terus meningkat akan dapat menghadirkan berbagai komplikasi penyakit.

4. Sakit kepala

Pernahkah anda merasakana sakit kepala saat minum kopi? Hal ini dikarenakan kandungan dalam kopi yang mampu membuat seseorang yang meminumnya terlalu banyak akan terserang migran. Setidaknya jika ingin minum kopi perlu ada batasan dengan maksimal 2 cangkir dalam sehari.

5. Perut mulas

Memang suatu masalah yang umum dirasakan bagi siapapun yang meminum kopi. Terlalu banyak minum kopi juga dapat menyebabkan perut anda merasa mulas. Jika ingin minum kopi, hindarilah waktu minum di pagi hari. Karena jika perut mulas dipagi hari akan mengganggu aktivitas anda.

6. Mengiritasi lambung

Kopi memang dapat membuat lambung anda menjadi iritasi jika terlalu banyak mengkonsumsinya. Kandungan kafein dan asam tertentu dalam kopi dapat mengiritasi lambung dan lapisan usus kecil. Nah, jika anda memiliki masalah pada pencernaan, sebaiknya untuk tidak terlalu banyak atau mungkin bisa menghindari kopi.

7. Alergi

Memang ini jarang terjadi pada seseorang yang sering minum kopi. Namun pada beberapa orang yang over sensitif terhadap molekul kafein dapat menghadapi reaksi alergi gatal, nyeri, dan alergi lainnya. Sebaiknya hindarilah kopi jika anda merasakan hal semacam ini setelah anda minum kopi.

Demikianlah 7 efek buruk kebiasaan minum kopi. Kopi memang banyak digemari orang, namun kopi disering dikonsumsi juga akan memberikan efek buruk pada kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef