6 Ramuan Alami untuk Basmi Ketombe yang Membandel

Ramuan alami untuk basmi ketombe yang membandel - Siapa yang tahan dengan ketombe? Salah satu permasalahan rambut yang sangat mengganggu penampilan dan juga kenyamanan. Ya, selain penampilan yang menjadi kurang maksimal, seseorang pun menjadi kurang percaya diri dan merasa tidak nyaman dengan adanya ketombe.

Ketombe merupakan kulit kepala yang mati dan rontok akibat panasnya suhu disekitar. Bukan hanya karena panasnya suhu, namun juga karena sirkulasi darah yang tidak bagus, sehingga kulit kepala menjadi kering dan mengelupas. Adapun sebab dari ketombe itu sendiri adalah karena cuaca dan juga pola hidup serta terlalu sering mengkonsumsi makanan yang  berlemak seperti daging, lalu produk susu, dan juga makanan yang mengandung minyak berlebih. Cobalah untuk mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta lebih mengurangi makanan yang telah disebutkan.

Untuk mengatasi masalah ketombe, sebenarnnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Dan bahkan sekarang pun sudah banyak produk yang menawarkan cara cepat menghilangkan ketombe. Namun, anda juga tahu, lebih baik menggunakan bahan-bahan alami daripada produk yang tercampur bahan kimia secara langsung. Berikut ini enam ramuan alami untuk basmi ketombe yang membandel:

6 Ramuan Alami untuk Basmi Ketombe yang Membandel
Ramuan Alami untuk Basmi Ketombe yang Membandel

1. Cuka dengan sari apel

Mungkin setahu anda sari apel merupakan suatu minuman yang manfaatnya sendiri untuk diminum. Bukan hanya itu saja, ternyata sari apel juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala anda. Caranya cukup mudah. Yaitu dengan menghangatkan cuka dan sari apel, kemudian buatlah untuk keramas. Lalu keramas menggunakan sampo biasa.

2. Campuran jahe dan wijen

Campuran kedua bahan ini juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi ketombe yang membandel pada kulit kepala anda. Caranya, Siapkan perasan air jahe, 3 sendok makan minyak wijen, dan setengah sendok perasan lemon. Campurkan semua bahan secara merata. Lalu aplikasikan pada kulit kepala dengan disertai pijatan perlahan. Lakukan cara ini seminggu 3 kali secara rutin.

3. Chamomile

Chamomile memiliki kandungan bisabolol atau zat pengobat lapisan lemak agar tahan terhadap infeksi. Sebab inilah chamomile mampu membasmi jamur dan menghilangkan penyebab ketombe. Untuk penggunaannya, Rendam dulu bunga chamomile kering sebelum digunakan. Lalu aplikasikan pada kulit kepala anda sebagai bahan alami untuk keramas.

4. Akar manis

Akar manis atau licorice juga memiliki manfaat untuk mengatasi ketombe, Kandungan zat Glycerrhizin pada akar manis mampu mengurangi sekresi minyak kulit kepala. Zat ini juga mampu mengontrol produksi sebum. Caranya, Anda bisa menambahkan cuka pada akar manis kering. Lalu cuci rambut anda dengan ramuan tersebut. Setelah itu bilas dengan air bersih.

5. Samp serporo

Sampo serporo adalah sampo yang terbuat dari campuran sage kering dan rosemary dengan air. Sampo ini mampu membasmi ketombe hingga tidak muncul lagi. Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan sage kering dan rosemary dengan air. Lalu diamkan  selama 24 jam. Sebelumnya, tambahkan thyme untuk disinfektan dan peterseli yang memiliki manfaat sebagai obat. Gunakan sampo ini secara rutin.

6. Teatree

Teatree memiliki kandungan zat aktiv  yang disebut dengan terpenes. Zat terpenes akan menembus lapisan dalam kulit kepala dan membersihkannya hingga keakar. Untuk pemakaian, anda juga bisa mencampurkan teatree dengan sampo biasa. Hal ini bertujuan agar bisa terhindar dari masalah ketombe yang membandel. 

Demikianlah 6 ramuan alami untuk basmi ketombe yang membandel. Semoga ramuan tersebut menjadi solusi atas masalah ketombe yang sedang anda alami. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef