5 Kebiasaan yang dapat Merusak Jantung

Kebiasaan yang dapat merusak jantung - Jantung adalah salah satu organ tubuh yang berperan sangat penting dalam tubuh.  Jantung itu sendiri berfungsi sebagai pemompa darah keseluruh tubuh. Jika jantung mengalami masalah, tentu darah tidak akan terpompa dengan baik keseluruh tubuh.

Banyak orang yang mengira kalau penyakit jantung hanya diderita oleh orang yang telah berusia tua atau lanjut. Justru hal itu salah. Bahkan sekarang telah banyak orang berusia 20an menderita penyakit jantung. Lantas, apa yang menjadi penyebab seseorang berusia muda bisa terserang penyakit jantung? Apa karena keturunan atau memang kebiasaan sehari-hari yang menjadi pemicunya?

Ya, memang keturunan bisa menjadi penyebab utama. Namun, tidak bagi mereka yang berketurunan orang-orang sehat. Bisa saja karena kebiasaan sehari-hari yang menjadi penyebab utama penyakit jantung. Mereka menerapkan kebiasaan hidup yang tidak sehat, sehingga dengan mudah penyakit jantung menyerangnya. Berikut ini lima kebiasaan yang dapat merusak jantung:
5 Kebiasaan yang dapat Merusak Jantung
Kebiasaan yang dapat Merusak Jantung

1. Merokok

Sudah tertulis jelas kalau merokok dapat menyebabkan banyak penyakit dan juga menyebabkan seseorang cepat tua. Salah satunya adalah penyakit jantung. Tahukah anda jika ternyata membutuhkan 10 tahun untuk memulihkan bahaya rokok dari tubuh kita. Apalagi jika anda memiliki tekanan darah tinggi, akan beresiko sangat tinggi terkena penyakit jantung jika anda selalu melakukan kebiasaan merokok.

2. Jarang bergerak

Jarang melakukan pergerakan fisik, mungkin karena sering duduk atau malas-malasan tiap hari kerjanya cuma tidur. Itulah yang menjadi pemicu kerusakan jantung. Jika pekerjaan menuntut anda untuk selalu duduk, maka anda jangan selalu menurutinya, cobala cari cara untuk menggerakkan tubuh anda. Anda bisa membuat grafik sendiri tentang aktivitas anda selama 24 jam. Lebih banyak mana antara anda bergerak dengan tidak bergerak. Waspadalah jika anda lebih sering tidak bergerak.

3. Mendengkur

Mendengkur mungkin dianggap biasa bagi orang yang sering bekerja keras seharian. Mungkin karena kecapean, tidurnya jadi mendengkur. Tapi anda juga harus melihat kondisi fisik anda. Jika anda selalu mendengkur setiap kali tidur, itu bisa jadi tanda jantung anda bermsalah. Mendengkur merupakan faktor risiko paralel untuk penyakit jantung seperti obesitas dan diabetes. Orang yang sering mendengkur akan rentan ateroklerosis atau penebalan arteri yang dapat meningkatkan resiko stroke.

4. Kesehatan gigi yang buruk

Penyakit gusi atau penyakit periodontal dapat memunculkan plak sepanjang garis bawah gigi. Dan ketika itu terjadi, bakteri dari gusi yang terinfeksi akan dapat memasuki aliran darah secara bebas. Bakteri tersebut akan melekat pada pembuluh darah dan mengendap, sehingga menutupi sirkulasi darah yang akan mengakibatkan tekanan darah menjadi meningkat.

5. Olahraga berlebihan

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Olahraga rutin akan menjaga kesehatan tubuh dan juga jantung. Namun tidak jika olahraga itu terlalu berlebihan. Membiarkan tubuh berolahraga berlebihan akan berakibat fatal pada kesehatan jantung. Hal ini juga dapat menyebabkan pecahnya penyumbatan kecil di arteri. Dan anda pun akan berisiko terkena penyakit jantung. Berolahragalah secara rutin namun jangan memaksakan berlebihan.

Demikianlah 5 kebiasaan yang dapat merusak jantung. Hilangkan kebiasaan tersebut agar jantung anda selalu sehat. Jantung merupakan organ terpenting yang harus dijaga. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef