4 Penyebab Munculnya Uban Diusia Muda

Penyebab munculnya uban diusia muda - Uban adalah suatu rambut yang secara perlahan berubah menjadi abu-abu dan kemudian tak lama lagi berubah menjadi putih. Ya, uban merupakan rambut putih yang biasanya tumbuh pada orang yang usianya sudah tua atau sudah lanjut.

Orang Indonesia pada umumnya memiliki warna rambut hitam gelap karena memiliki kadar melanin yang lebih tinggi. Namun ketika seseorang telah menginjak usia tua, akan terjadi perubahan melanin yang mengakibatkan warna eambut secara perlahan berubah menjadi putih. Lalu, bagaimana jika uban itu muncul dan tumbuh pada seseorang yang masih berusia muda?

Memang benar tidak selalu uban itu muncul atau tumbuh pada orang yang berusia lanjut atau tua, namun juga banyak anak muda atau anak remaja yang telah ditumbuhi uban. Lalu apa penyebab dari tumbuhnya uban pada mereka? Padahal kan usianya masih muda? Jika anda masih penasaran, berikut ini empat penyebab munculnya uban diusia muda:

4 Penyebab Munculnya Uban Diusia Muda
Penyebab Munculnya Uban Diusia Muda

1. Stres

Stres memang menjadi salah satu pemicu pertumbuhan uban atau rambut putih. Namun, stres bukan berarti serta-merta selalu memunculkan uban. Namun stres akan dapat memicu berbagai permasalahan kulit dan rambut. Salah satunya adalah uban. Rambut akan secara perlahan berubah warna dan hingga menjadi putih. Bukan hanya itu, tapi rambut juga kemungkinan akan mengalami kerontokan lebih banyak.

2. Gaya hidup

Gaya hidup yang kurang sehat dan juga pola makan yang tidak teratur ternyata juga dapat menjadi penyebab tumbuhnya uban pada kulit kepala anda. Salah satunya kekurangan vitamin B12 dan merokok. Keduanya ini dapat menjadi salah satu penyebab minimnya pigmen rambut yang akhirnya menyebabkan rambut anda menjadi memutih.

3. Faktor usia

Ya, faktor usia memang menjadi salah satu faktor pemicu tumbuhnya uban. Dan ini merupakan hal yang wajar. Hal ini tidak bisa dilawan, karena ini sudah ketentuan. Hal ini memang menjadi salah satu faktor yang memang harus bisa diterima, karena memang pertambahan usia akan mempengaruhi semua anggota tubuh. Bukan hanya kulit yang menua, tapi rambut juga ikut menua dan memutih.

4. Faktor genetika

Jika anda masih saja bingung, anda merasa ketiga penyebab diatas anda tidak pernah merasakan atau belum pernah merasakan. Coba lihat, apakah anda memiliki keturunan orang berambut putih? Gen dan etnis sangat berpengaruh munculnya rambut putih. Orang Kaukasia akan memiliki uban lebih dulu daripada orang yang berambut merah. Orang-orang asia termasuk Indonesia bahkan memiliki peringkat kedua. Afrika dan Amerika menyusul. Tapi dalam penelitian ini belum dapat dipastikan penyebabnya.


Demikianlah 4 penyebab munculnya uban diusia muda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef