4 Kebiasaan Mandi yang dapat Merusak Kulit

Kebiasaan mandi yang dapat merusak kulit - Memiliki kulit yang sehat, halus, lembab, dan cantik pasti menjadi idaman bagi setiap orang. Bukan hanya wanita, namun juga pria. Namun, kulit yang bersih, sehat dan cantik ini tergantung bagaimana cara menerapkan gaya hidup. Jika gaya hidup atau pola hidupnya benar, maka bukan hal mustahil jika kulit terlihat sehat, halus, lembab, dan cantik.

Memang banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat kulit anda menjadi lebih sehat dan cantik. Namun sebelum itu, anda juga perlu tahu terlebih dahulu apa penyebab dari kulit yang tidak sehat dan bahkan kering serta pecah-pecah. Semua permasalahan kulit ini sebenarnya tergantung pada kebiasaan dan aktivitas sehari-hari. Mulai dari makan, tidur, kerja, hingga mandi sekalipun.

Nah, tahukah anda jika ternyata mandi yang salah akan dapat membuta kulit anda mendi rusak? Mungkin anda belum pernah mendengar ini sebelumnya. Namun ini memang benar. Berikut ini embat kebiasaan mandi yang dapat merusak kulit:
4 Kebiasaan Mandi yang dapat Merusak Kulit
Kebiasaan Mandi yang dapat Merusak Kulit

1. Menggunakan air yang terlalu panas

Mandi dengan air hangat memang dapat membuat tubuh anda menjadi lebih fresh dan lebih rileks. Namun jika anda mandi menggunakan air yang terlalu panas malah akan membuat kulit anda menjadi rusak. Hal ini pernah dijelaskan oleh dermatologist dari Cleveland Clinic yang bernama Dr. Melissa Piliang, bahwa mandi dengan air yang terlalu panas akan berisiko akan menimbulkan rasa gatal pada permukaan kulit yang kering. Rasa gatal ini akan timbul berlebih jika anda sering mandi dengan air panas.

2. Menggosok berlebih

Kulit memiliki minyak alami dan juga bakteri baik yang krusial bagi kesehatan kulit. Nah, jika mandi dengan menggosok kulit terlalu berlebihan, ini akan dapat membunuh bakteri pada kulit anda. Padahal bakteri itu berperan pentin dalam kulit anda, salah satunya dapat melindungi dari jerawat. Jangan gosok kulit terlalu keras jika hal itu tidak terpaksa karena terlalu kotor atau kotoran yang sulit hilang.

3. Menggunakan sabun antibakteri

Memang kita perlu menggunakan sabun untuk membersihkan kulit dari bakteri jahat. Namun sabun tak selamanya berdampak baik bagi kulit. Sabun dapat membuat kulit menjadi kesat karena kandungan bahan kimiawi yang keras, kandungan kimia tersebut mengikis minyak kulit alami pada kulit. Padahal minyak kulit tersebut berperan sebagai pelumas yang akan membuat kulit terasa lebih lembut. Jika minyak itu hilang, maka kulit akan rentan kering dan bahaya kulit lainnya.

4. Mandi tanpa alas kaki

Mandi memang paling enak tanpa menggunakan alas kaki. Tapi tahukah anda jika hal ini dapat mengganggu kesehatan kulit anda? Lantai atau alas kamar mandi merupakan tempat bersarangnya kuman. Kuman inilah yang akan mempengaruhi kesehatan kulit sehingga kulit akan bermasalah. Jadi pastikan untuk selalu menggunakan alas kaki ketika mandi agar kesehatan kulit selalu terjaga.

Demikianlah 4 kebiasaan mandi yang dapat merusak kulit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef