10 Dosa yang Menjadi Penghalang Rejeki

Dosa yang menjadi penghalang rejeki - Setiap orang pasti tidak luput dari yang namanya salah dan dosa, kecuali para Nabi dan Rasul. Ya, bahkan orang tidak menyadari jika sebenarnya dirinya melakukan dosa. Baik itu dosa besar maupun dosa kecil, baik itu dosa kepada Allah maupun kepada sesama manusia.

Seringkali orang menyepelekan atas dosa yang dilakukannya. Karena dia mengira dosa tersebut merupakan dosa kecil dan pasti diampuni. Perlu kita ketahui, meskipun dosa yang kita lakukan itu merupakan dosa kecil, namun bila dilakukan terus menerus pun akan menjadi besar. Dan kita pun akan percuma meminta ampun bila selalu melakukannya tanpa ada penyesalan dalam taubatnya.

Ketika orang melakukan suatu dosa, orang tidak sadar jika ternyata dosa yang dilakukannya dapat mempengaruhi kehidupannya, baik itu kebahagiaannya dan juga kecukupan rizkinya. Dalam sebuah majelis yang diisi oleh Ustadz Yusuf Mansur sebagai penceramah, beliau menjelaskan bahwa ada sepuluh dosa besar yang ternyata dapat menghambat rizki atau rejekinya seseorang. Coba lihatlah dan rasakan pada diri anda sendiri, apakah anda pernah melakukan diantara sepuluh dosa besar berikut ini yang dapat menghambat rejeki anda:
10 Dosa yang Menjadi Penghalang Rejeki
 Dosa yang Menjadi Penghalang Rejeki

1. Syirik (Menyekutukan Allah)

Syirik merupakan salah satu dosa besar yang memang dapat menghalangi datangnya rizki. Syirik banyak macamnya, mulai dari mempercayai kekuatan yang datang bukan dari Allah melainkan dari suatu benda atau makhluk lainnya, hingga syirik yang paling besar yaitu menyembah selain Allah. Bila orang yang meninggal dalam keadaan syirik, tidak akan masuk surga baginya kecuali bertaubat sebelumnya.

2. Meninggalkan sholat

Sholat merupakan suatu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan setiap umat muslim. Merupakan dosa besar bagi orang islam yang meninggalkan sholat meskipun hanya satu waktu. Dan tahukah anda jika meninggalkan sholat dapat menghalangi datangnya rejeki? Dan bila rejeki itu menghambat, berarti itu tandanya Allah masih mengasihi anda untuk segera bertaubat serta lebih rajin sholatnya.

3. Durhaka kepada Orang tua

Durhaka kepada orang tua, ini sama saja durhaka kepada Allah. Karena ridho dari Allah tergantung ridho orang tua. Jika anda durhaka kepada orang tua lalu orang tua tidak meridhoi anda, maka otomatis Allah juga tidak akan ridho dengan anda. Maka sebab itu rejeki anda yang halal akan selalu terhalang.

4. Rizki haram

Setiap orang diwajibkan mencari rizki yang halal dan bukan yang haram. Rizki yang haram bisa memutus rizki yang halal. Ini sebabnya apa yang anda cari selama ini tidak pernah memberikan keuntungan. Biasanya bila rizki yang dicari dari jalan haram, rizkinya tidak akan bertahan lama. Misalkan saja anda mendapatkan uang dari hasil judi, pasti uang itu akan ditangan anda hanya dalam waktu sebentar dan pasti akan segera hilang. Karena tidak berkah.

5. Zina

Zina, sebenarnya zina memiliki banyak macamnya. Dan semuanya harus dihindari. Zina merupakan salah satu dosa besar yang hukumannya sangatlah berat. Bahkan bila tak dihukum didunia terlebih dahulu, tidak akan dapat pengampunan di akhirat kelak. Penjara tidak berlaku untuk hukuman orang zina. Bukan hanya hukuman yang berat, rejeki pun akan terhalang akibat zina.

6. Memutus silaturrahim

Tahukah anda bila memutus tali persaudaraan, pertemanan, persahabatan, dan juga termasuk tali silaturrahim, dapat menyebabkan rejeki anda juga terpurus. Karena tali silaturrahim sama halnya sebagai jembatan penghubung datangnya rejeki tersebut dari Allah. Jika anda memutus silaturrahim sama halnya anda memutus jembatan rejeki anda.

7. Minum khamr

Minuman khamr atau minuman yang memabukkan. Dalam hal ini, bukan hanya minuman saja. Melainkan semua minuman maupun makanan yang sudah pasti memabukkan itu sama halnya dengan khamr, dan itu haram untuk dikonsumsi. Jauhilah khamr bila rejeki anda ingin tetap lancar dan tidak tersendat-sendat.

8. Ghibah

Ghibah, ini merupakan suatu kebiasaan membicarakan orang lain dibelakang. Banyak orang yang tidak sadar melakukan hal ini. Padahal ghibah atau gosip merupakan dosa besar. Yang dimaksud ghibah bukan hanya gosip antar mulut dimasyarakat atau ibu-ibu, namun juga di televisi sekarang sudah banyak. Membicarakan semua hal yang sebenarnnya tak patut dibicarakan di media umum.

9. Menuduh dan bersaksi palsu

Berkata baik atau diam. Itulah kata-kata yang perlu kita ingat selalu. Bila tak bisa berkata baik, jujur, dan tidak suka menuduh, lebih baik diam membisu. Karena berkata hal semacam itu akan merugikan orang lain, itu sama halnya juga anda memutus jembatan rejeki anda. Cobalah berkata baik dan juga berbuat baik serta sejujur mungkin.

10. Kikir dan pelit

Islam mengajarkan kita untuk saling menolong dan tidak pelit maupun kikir. Perbanyaklah sedekah secara ikhlas dan dengan sedekah itulah rejeki anda akan bertambah berkali lipat. Namun bila kikir dan pelit itu selalu dipelihara, bukan hal yang mustahil bila rejeki selalu terhambat dan tidak lancar. Karena lancarnya rejeki tergantung lancarnya kita memberi kepada orang lain.

Demikianlha 10 dosa yang menjadi penghalang rejeki. Jika anda mengalami kesulitan dalam mencari rejeki, cobalah untuk bercerimun pada diri sendiri, mungkin anda sering melakukan dosa-dosa tersebut. Oleh sebab itu hindarilah dosa-dosa tersebut agar rejeki kembali lancar. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef