Tips Agar tidak Trauma Berkepanjangan

Tips agar tidak trauma berkepanjangan. Trauma adalah salah satu jenis kerusakan jiwa yang diakibatkan peristiwa traumatik. Banyak orang yang mengeluhkan karena trauma terhadap suatu hal yang akhirnya membuatnya tidak berani lagi untuk melihat, atau mengalami hal yang ditakuti.

Biasanya trauma terjadi karena adanya suatu kejadian besar, misalnya karena serangan bom, bencana alam, ataupun hal tak terduga lainnya. Mungkin anda tidak ikut terlibat dalam peristiwa ataupun menjadi korban dari peristiwa tersebut secara langsung. Namun akibat mengetahui peristiwa dan melihat secara tidak langsung juga bisa menyebabkan seseorang trauma terhadap hal-hal semacam itu.

Jika trauma sudah menyerang anda, jangan biarkan trauma itu tinggal bersama anda berkepanjangan dan berlarut-larut, hal ini akan merugikan diri anda sendiri.  Segeralah anda mengatasi gangguan psikologis smacam ini agar anda bisa hidup normal lagi tanpa takut berlebihan. Berikut ini tips agar tidak trauma berkepanjangan:

Tips Agar tidak Trauma Berkepanjangan

1. Cari dukungan dan situasi yang nyaman

Carilah orang yang benar-benar bisa mendukung anda untuk tetap berani melawan trauma. Dengan cara berbagi cerita bersama orang yang anda percaya dan berada dilingkungan yang aman akan membuat anda mudah untuk menghilangkan trauma anda. Dengan berbagi itulah anda akan mendapatkan dukungan mental, dan diri anda akan merasa lebih nyaman dan aman dari sebelumnya.

2. Kenali dan terima perasaan anda

Peristiwa yang telah anda hadapi yang membuat anda menjadi trauma, anda harus bisa mulai mengenalinya dan menerima perasaan anda tersebut. Anda jangan menjauhi trauma yang anda rasakan. Akan tetapi dekatilah dan kenalilah, serta terimalah apa yang sebenarnnya anda rasakan. Agar anda menjadi lebih kuat lagi untuk menghadapi hal yang pernah membuat anda trauma dan hal lainnya. Kesedihan ketika anda trauma itu wajar, namun jangan jadikan hal itu berlarut-larut selamanya nempel pada diri anda. Bangkitlah!

3. Minimalkan paparan media

Setelah anda mengalami suatu peristiwa besar dan mengejutkan yang membuat anda trauma, pasti banyak media yang ingin memberitakan atau memaparkan peristiwa tersebut. Sehingga anda pun juga berkeinginan untuk melihat berbagai media seperti menonton berita, membaca peristiwa di media sosial atau koran dan sebagainya. Hal itulah yang membuat trauma anda semakin melekat dan sulit untuk dihilangkan. Paparan media itulah yang membuat anda selalu ingat pada peristiwa yang membuat anda trauma. Sekali lagi jangan melakukan hal yang membuat anda mengingat trauma anda.

4. Jangan melakukan hal yang menyebabkan stres

Ketika anda trauma, hindari berbagai hal atau aktivitas yang membuat otak anda terlalu berpikir keras, sehingga anda menjadi lebih stres. Jika anda stres otomatis akan menghalang penyembuhan diri anda dari trauma yang anda rasakan. Lakukanlah semacam hal yang bisa membuat anda menjadi rileks, santai, bahagia dan menyenangkan. Hal ini akan mempermudah anda melupakan trauma yang anda rasakan. Trauma ini akan hilang dengan sendirinya.

Demikianlah tips agar tidak trauma berkepanjangan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef