Resiko Sering Berada Didepan Komputer

Resiko sering berada didepan komputer - Memiliki kebiasaan selalu berhadapan dengan komputer, itu mungkin ada yang menganggapnya sebagai hobi, dan ada juga yang memang tuntutan dari pekerjaan yang mengharuskan seseorang harus bekerja didepan komputer.

Saat seseorang dihadapkan komputer, pasti aktivitas yang akan dilakukan hanyalah menggerakkan kursor dan terus mengetik. Aktivitas rutin ini ternyata dapat meningkatkan tekanan pada tangan dan dan dapat menempatkan anda pada resiko carpel tunnel syndrome, yaitu kondisi dimana tangan dan lengan kesemutan, mati rasa, dan lain sebagainya. Syndrom ini disebabkan karena saraf terjepit dipergelangan tangan.

Bukan hanya itu saja, banyak juga faktor yang menjadi penyebab syndrom carpel tunnel. Termasuk gangguan kesehatan tertentu dan juga pola penggunaan tangan. Sebelum anda menjumpai syndrom ini, sebaiknya anda kenali terlebih dahulu gejala-gejala carpel tunnel berikut ini yang mungkin akan dirasakan jika sering berhadapan dengan komputer:

Resiko Sering Berada Didepan Komputer
Resiko Sering Berada Didepan Komputer

1. Kesemutan pada jari

Jari merasa kesemutan akibat tekanan pada saraf lengan yang selalu digunakan secara terus menerus. Hal ini mungkin tidak terlalu berbahaya. Namun akan mengganggu kesehatan anda jika terjadi terus menerus. Bahkan anda akan merasakan kesemutan bahkan nyeri ketika anda bangun tidur. Ini akan terjadi jika tangan dan jari anda terlalu sering bekerja dengan komputer.

2. Jari terasa nyeri

Terlalu berlebihan dan sering mengetik keyboard pada komputer dapat memicu kemunculan koloni mikroba tendonitis di pergelangan tangan dan ibu jari. Hal inilah yang menyebabkan munculnya nyeri pada jari anda. Nyeri ini bukan hanya terjadi pada jari anda saja, bahkan bisa menyebar hingga ke lengan bila terlalu sering melakukannya.

3. Lengan sakit saat digerakkan

Anda akan mendapatkan gangguan pada saraf pergelangan tangan jika terlalu banyak menghabiskan waktu dengan mengetik keyboard. Ini mungkin tidak terlalu menyakitkan. Namun, sebelum gangguan ini berlanjut, sebaiknya untuk segera mengistirahatkan tangan dan pergelangan lengan anda sejenak untuk memulihkan sakit anda.

4. Pembengkakan

Pembengkakan yang terjadi pada tangan akan diderita oleh mereka yang selalu menghabiskan waktunya berjam-jam dan bahkan seharian didepan komputer. Mungkin banyak orang yang menyepelekan karena akan menghilang dalam beberapa hari. Namun jika sampai muncul benjolan di tangan setelah bekerja berjam-jam itu merupakan gejala syndrom carpel tunnel.

5. Kesulitan menggenggam dan memegan benda

Jika tangan atau lengan anda sering terasa kesemutan dan kaku, semakin lama akan semakin membuat tangan atau lengan anda menjadi lemas. Ini tidak boleh anda sepelekan. Apalagi jika anda sering menjatuhkan benda yang anda genggam atau yang anda pegang karena tidak kuat menahan beratnya. Segeralah untuk konsultasi dokter jika hal ini terjadi pada diri anda.

Demikianlah resiko sering berada didepan komputer. Agar hal itu tidak terjadi pada diri anda, baiknya anda selingi dengan aktivitas lainnta. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef