Kebiasaan yang tanpa disadari merusak gigi

Kebiasaan yang tanpa disadari merusak gigi. Gigi adalah salah satu bagian dari mulut yang memiliki fungsi sangat penting, yaitu untuk mengunyah berbagai macam makanan. Tnpa gigi, makanan tidak akan bisa dikunyah dengan baik.

Gigi memiliki fungsi yang sangat penting, sebab itu gigi harus selalu dirawat agar tetap sehat. Banyak cara yang bisa digunakan untuk merawat gigi, seperti sikat gigi secara rutin, makan buah-buahan yang mengandung nutrisi untuk memperkuat gigi, dan juga jangan lupa memeriksakan gigi ke dokter secara rutin setiap 6 bulan sekali atau berapa bulan sekali.

Memang setiap orang tak pernah lepas dari kesalahan. Termasuk kesalahan dalam kebiasaan sehari-hari. Tanpa disadari, kebiasaan setiap hari ternyata bisa merusak gigi. Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ini beberapa kebiasaan orang yang ternyata dapat merusak gigi:

Kebiasaan yang tanpa disadari merusak gigi

1. Menggunakan gigi sebagai alat

Gigi bukanlah alat untuk merobek atau memecahkan benda keras. Akan tetapi, banyak orang yang ternyata salah menggunakan gigi. Kebiasaan ini biasanya dilakukan karena dia merasa malas untuk mengambil alat yang sebenarnya. Misal, anda ingin membuka makanan cemilan yang dikemas plastik tebal. Anda malas mengambil gunting atau alat pembuka. Lalu anda menggunakan gigi anda untuk membuka kemasan tersebut. Itu berati anda membuat umur kesehatan gigi anda menjadi berkurang. Karena tidak meletakkan fungsi gigi pada semestinya.

2. Menyikat gigi dua arah

Sebagian besar orang menyikat gigi dengan arah menyamping kanan kiri atau horisontal secara bolak balik. Kebiasaan seperti itu bahkan hampir setiap orang melakukannya. Namun, tahukah anda jika kebiasaan menyikat seperti itu ternyata dapat merusak gigi anda? Ya, mernyikat gigi secara horisontal kekanan dan kekiri, gigi yang tersikat hanya itu-itu saja, dan itulah yang menyebabkan email gigi pada bagian itu terkikis seiring berjalannya waktu. Biasakan menyikat gigi dengan baik dan benar, yaitu secara vertikal dan juga sesekali melingkar.

3. Mengunyah es batu

Es batu merupakan benda yang memiliki suhu tinggi dan juga bertekstur keras. Tidak cocok jika harus dikunyah oleh gigi. Padahal mulut cenderung dengan suhu hangat. Jika dimasukan benda keras serta bersuhu dingin akan dapat merusak gigi. Enamel gigi secara perlahan akan mengalami keretakan. Dan itulah yang menyebabkan gigi anda menjadi sensitif terhadap makanan tertentu yang terutama berbau es atau bersuhu dingin.

Demikianlah kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak gigi. Banyak orang yang tak menyadari jika kebiasaan tersebut dapat merusak gigi. Hilangkan kebiasaan tersebut agar gigi anda tetap sehat dan kuat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef