7 Fakta Tentang Virus Zika yang Wajib Anda Ketahui

Fakta virus zika yang wajib anda ketahui. Virus zika adalah suatu jenis virus yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti. Virus ini dikaitkan dengan penyusutan otak bayi sebelum dilahirkan yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada otak dan kematian.

Bahkan berdasar penuturan Professor Scott Weaver, yang dimuat di BBC.com, bawha bayi yang terkena virus zika sebelum lagir, akan bisa menyebabkan bayi yang lahir menderita gangguan mental seumur hidup. Bahkan hingga sekarang belum ditemukan vaksin dari virus tersebut. Virus ini kebanyakan menyerang pada ibu yang sedang hamil, dan jika tidak diatasi dengan baik akan dapat berpengaruh pada kenormalan bayi yang bisa terjangkit kondisi kepala dan otak kecil yang disebut dengan microcephaly.

Sebab bahayanya virus zika itulah yang kemudian lembaga kesehatan dunia menyarankan kepada semuanya agar berhati-hati terhadap perkembangan virus zika. Ada banyak fakta dari virus zika yang perlu anda ketahui agar anda bisa lebih mengenal virus tersebut. Berikut ii tujuh fakta tentang virus zika yang wajib anda ketahui:

7 Fakta Tentang Virus Zika yang Wajib Anda Ketahui
Fakta Tentang Virus Zika yang Wajib Anda Ketahui

1. Zika bermula di Afrika tahun 1947

Awal nama dari virus zika adalah ZIKV, yang pertama kali ditemukan pada monyet rhesus di hutan zika, Uganda, Afrika pada tahun 1947. Virus ini hinggap pada nyamuk. Bahkan di tahun 1951-1981 dilaporkan menyebar ke seluruh Afrika dan Asia. Dan ditahun 2007  ditemukan menyebar di Polinesia, yaitu 73% populasinya terinfeksi. Dan juga ditahun 2014, wabah virus ini mulai menyebar di Amerika.

2. Tidak ada vaksin dari virus zika

Bahkan hingga sekarang belum juga ditemukan vaksin untuk virus zika ini. Untuk menghambat virus zika masih menggunakan vaksin rubella, yaitu vaksin untuk mencegah cacat lahir. Vaksin ini dapat membantu mencegah keguguran pada wanita hamil, masalah jantung, gangguan pendengaran, dan kebutaan pada bayi yang baru saja lahir.

3. Penyebaran virus melalui nyamuk

Virus zika dapat menyebar dan menular melalui perantara nyamuk. Zika itu sendiri merupakan virus RNA yang berhubungan dengan West Nile, demam kuning, dan virus dengue yang disebabkan gigitan nyamuk aedes. Untuk penularan virus ini sama halnya dengan demam berdarah yang melalui gigitan nyamuk aedes sebagai media penyebarannya.

4. Gejala terlihat sepele

Menurut penelitian, bahkan hampir 80% penderita virus zika tidak menunjukkan gejala-gejalanya. Namun gejala yang paling umum adalah gejala demam dan ruam, terkadang juga menyebabkan sakit kepala, nyeri dibelakang mata, nyeri sendi, dan konjungtivis atau mata merah. Hingga sekarang belum ada perawatan yang efektif, hanya saja perawatan untuk mengatasi gejala yang ditunjukkan virus tersebut.

5. Resiko paling tinggi berlaku pada bayi dalam kandungan

Bagi ibu hamil yang terjangkit virus zika akan berdampak pada kelahiran sang buah hati. Kemungkinan bayi akan lahir dalam kondisi otak dan kepala yang kecil, yang disebut dengan microcephaly. Bahkan dapat menyebabkan keterbelakangan mental dan gangguan dalam berbicara dan pertumbuhan sang bayi.

6. Menghindari virus zika dengan obat anti nyamuk

Langkah yang paling efektif untuk mencegah menularnya virus zika adalah dengan menggunakan obat anti serangga atau obat anti nyamuk. Usahakan obat anti nyamuk tersebut mengandung 20% DEDET, picaridin, minyak lemon eucalyptus. Biasanya pada saat senja dan menjelang fajar nyamuk akan lebih senang menyerang.

7. Mencegah virus zika dengan membasmi nyamuk

Membasmi nyamuk merupakan salah satu cara efektif yang juga dapat mencegah penyebaran virus zika. Dengan menjaga kebersihan air dan tempat-tempat disekitar rumah akan dapat mencegah datangnya nyamuk. Anda bisa menggunakan pestisida untuk membunuh nyamuk, namun harus hati-hati dengan penggunaannya untuk mencegah kontaminasi yang membahayakan kesehatan anda dan keluarga. 

Demikianlah informasi tentang Fakta Tentang Virus Zika yang Wajib Anda Ketahui. Jagalah kebersihan jangan biarkan nyamuk berkembang biak dilingkungan anda agar anda terhindar dari virus zika dan penyakit lainnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef