Fakta Lilin Jauh Lebih Berbahaya Dibandingkan Rokok

Fakta lilin jauh lebih berbahaya dibandingkan rokok. Lilin adalah benda yang memiliki fungsi besar dikehidupan manusia, bahkan termasuk benda yang mampu menyelamatakan keadaan kita disaat lampu sedang padam atau mati.

Bukan hanya sebatas itu saja fungsi dari lilin. Bahkan lilin pun bisa menciptakan suasana keromantisan yang bisa dilakukan bersama dengan pasangan. Anda ingin mencobanya? Ketika anda bersama pasangan, anda bisa mencoba suasana keromantisan dengan mematikan semua lampu, lalu nyalakan lilin di sekitar anda. Terlihat romantis dan juga menenangkan.

Namun, tahukah anda jika sebenarnya lilin merupakan benda yang berbahaya bagi kesehatan seperti rokok? Bahkan lilin bisa lebih membahayakan dari rokok. Lilin mengandung 20 racun seperti trikloroetana, aseton, xylene, fenol, kresol, dan klorobenzena. Kandungan racun tersebut mampu menyebabkan berbagai macam penyakit dalam tubuh. Apa saja penyakit yang akan mengancam kita akibat lilin? Berikut fakta ulasannya:

Fakta Lilin Jauh Lebih Berbahaya Dibandingkan Rokok

1. Tumor ginjal

Lilin yang dinyalakan akan mengeluarkan asap, asap lilin yang terhirup oleh hidung akan menyebabkan pernapasan terganggu, dalam jangka panjang akan menyebabkan penyakit yang dapat mematikan yaitu tumor ginjal. Untuk menghindari hal itu, gunakan lilin secukupnya dan jangan terlalu dekat dengan lilin agar tidak terlalu banyak menghirup asap lilin.

2. Kanker

Asap lilin mengandung benzena dan toluena yang memiliki aroma atau bau seperti anda menghirup asap diesel. Asap inilah yang nantinya jika dihirup akan menyebabkan penyakit kanker dalam jangka panjang. Usahakan untuk tidak sering menggunakan lilin disekitar anda.

3. Masalah pernapasan

Asma atau penyakit pada pernapasan ini akan semakin berbahaya atau semakin parah jika selalu menghirup asap lilin. Kandungan parafin pada lilin ini mampu memperburuk asma dan membuat paru-paru seseorang menjadi terganggu dan iritasi.

4. Sakit kepala

Lilin memang ada yang namanya lilin aromaterapi. Meskipun itu lilin aromaterapi namun tetap saja mengandung bahan kimia seperti benzena dan toluena yang dapat menyebabkan sakit kepala saat menghirupnya. Itulah yang sering dialami oleh kebanyakan orang.

5. Memicu Alergi

Ketika anda menghirup aroma dari asap lilin yang dinyalakan, pernapasan anda akan terganggu dan bahkan dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan serta meningkatkan skresi pernapasan. Resiko yang berkelanjutan pada sebagian orang akan mengalami resiko besar alergi.

6. Menyebabkan ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan kerusakan pada bagian otak, hati, serta paru-paru. Ketidakseimbangan hormon ini juga dapat dipicu karena menghirup asap lilin yang terlalu berlebihan. Sebab lilin mengandung timbal yang berbahaya bagi kesehatan.

Demikianlah fakta lilin jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan rokok. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef