Cara Agar Anak Mau Makan Makanan Sehat

Cara agar anak mau makan makanan sehat. Pertumbuhan anak di usia kecil memang harus seniantiasa di jaga kesehatannya. Baik kesehatan dari segi rohani maupun jasmanini. Karena kesehatan di usia kecil juga akan mempengaruhi pertumbuhannya hingga nanti di usia tuanya.

Untuk menjaga kesehatan si kecil, tentunya anda perlu memberikan asupan gizi sang seimbang. Salah satuny adalah dengan memberinya gizi yang sehat yang terkandung didalam makanan yang sehat. Namun sayangnya, kebanyakan anak enggan untuk makan makanan sehat, karena mereka mengira makanan yang sehat identik dengan makanan yang tidak enak di lidahnya. Itulah mengapa banyak anak yang menolak bila disuruh makan makanan sehat.

Untuk membuat agar anak anda mau makan makanan sehat. Anda perlu lebih perhatian dan lebih pengertian lagi terhadap si kecil. Bukan hanya itu saja, berikut ini beberapa cara agar anak mau makan makanan sehat:

Cara Agar Anak Mau Makan Makanan Sehat

1. Menyediakan makanan sehat

Biasanya, anak-anak yang menghabiskan waktu bermainnya di rumah, ia akan mengambil makanan apapun yang tersedia di dalam rumah. Untuk itu, selalu sediakan berbagai macam makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi, makanan yang sehat. Misalnya, anda bisa menyuapkan makanan seperti buah-buahan segar yang mungkin bisa dijangkau atau diambil sendiri oleh si kecil. Dengan memberinya buah-buahan yang kaya akan nutrisi, si kecil akan bisa tumbuh lebih sehat.

2. Makana bersama keluarga

Makan bersama juga sangat penting, karena hal itu bisa mempengaruhi kebiasaan anak dalam meniru orang disekitarnya. Jika orangtuanya selalu mengajak makan bersama dan selalu disiapkan makanan yang sehat, tentu suatu saat anak akan dengan sendirinya meniru kebiasaan orang tuanya, yaitu selalu makan makanan sehat.

3. Hindari pertengkaran karena makanan

Anda tidak perlu mempermasalahkan soal makanan dengan sang buah hati anda. Anda tidak perlu memberikan jadwal makanan untuknya dan juga tidak perlu menggunakan makanans sebagai hadiah. Jangan memaksanya untuk menghabiskan setiap makanan yang ia makan dan juga jangan memaksanya untuk membersihkan piring dari makanannya. Itu dapat membuat anak merasa tertekan dan akhirnya akan memilih yang bertentangan dengan apa yang dituturkan. Lakukanlah secara perlahan dan lembut serta jangan ada unsur paksaan.

4. Jadi panutan yang baik

Jadilah panutan yang baik untuk sang buah hati. Misalnya, anda bisa membiasakan untuk selalu makan makanan yang sehat sseperti buah dan sayur. Anda bisa memakannya saat berada didekat sang buah hati sekaligus mengajarkannya jika makanan itulah yang merupakan makanan bergizi dan baik untuk kesehatan. Ini bisa anda lakukan setiap saat untuk membiasakan si kecil kalak menirunya.

5. Libatkan si kecil

Anda juga bisa melibatkan si kecil dalam masalah masakan. Mulai dari mengajaknya berbelanja makanan sehat, memasak makanan yang sehat, dan juga menghidangkan makanan yang sehat. Hal ini selain akan menambah selera makannya juga akan membuat ia semakin hari semakin mandiri. Dia akan memiliki kemandirian dan rasa tanggung jawab yang besar jika selalu dilatih seperti itu.

Demikianlah cara agar si anak mau makan makanan sehat. Tidak dipungkiri jika anak suli untuk . mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Semoga dengan adanya tips diatas, anda bisa mengatasi anak anda yang sulit untuk makan makanan sehat. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef