5 Pandangan Keliru Tentang Diabetes, Wajib Tahu

Pandangan keliru tentang diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang berlebih. Diabetes termasuk dalam kategori penyakit serius sehingga penderita diabetes harus mendapatkan perawatan dan mengawasan khusus, terutama menu makanan yang akan dikonsumsinya. 

Penyakit diabetes sendiri dibedakan menjadi dua macam, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Banyak orang yang menganggapnya sama, padahal keduanya berbeda. Bahkan ada beberapa hal yang dipndang keliru mengenai penyakit diabetes ini. Tentu hal ini bisa berbahaya bagi si penderita. Lalu apasaja pandangan yang keliru tentang diabetes. Beriut 5 pandangan keliu tentang diabetes.
5 Pandangan Keliru Tentang Diabetes, Wajib Tahu

1. Diabetes bukan penyakit yang serius

Diabetes bukanlah penyakit serius, hal itu tentu pandangan yang keliru tentang penyakit tersebut. Diabetes memang tidak akan membunuh si penderita asalkan si penderita berhati-hati dalam memilih menu makanan. Namun meskipun demikian diabetes dapat mengundang berbagai penyakit mematikan seperti stroke, jantung, ginjal, kebutaan, amputasi yang tidak akan mempan di obati. Tentu hal itu sangat mengerikan sekali. Mengetahui akan hal ini masihkah anda menganggap diabetes bukan penyakit serius, hanya anda yang bisa menjawabnya.

2. Diabetes tipe 1 dan 2 sangat mirip

Banyak orang beranggapak jika diabetes tipe 1 dan 2 sangat mirip, padahal faktanya keduanya memiliki perpedaan yang sangat besar. Diabetes tipe 1 adalah kondisi dimana tubuh sama sekali tidak memproduksi insulin sama sekali. Insulin sendiri adalah hormon yang diproduksi prangkeas yang membantu tubuh untuk mendapatkan energi yang berbentuk glukosa ke dalam sel-sel. Diabetes tipe satu menyebabkan tubuh menyerang diri sendiri, tubuh akan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak efektif menggunakan insulin yang dikenal dengan sebutan resistensi insulin. Anda tidak akan membutuhkan insulin ekstra untuk membuatnya bekerja dengan baik.

3. Penderita diabetes dilarang mengkonsumsi karbohidrat

Pandangan tentang penderita diabetes yang tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat memang tidak sepernuhnya salah. Namun hal itu kurang tepat. Penderita diabetes masih diperbolehkan mengkonsumsi karbohidrat asalkan memperhatikan asupanya. Ada beberapa makanan yang harus lebih diwaspadai dibanding dengan karbohidrat yaitu susu, yougurt dan lain sebagainya. Anda disarankan untuk memilih karbohidrat yang kaya akan serat seperti kacang-kacangan, kentang, labu dan lain sebagainya

4. Mengkonsumsi banyak gula menyebabkan diabetes

Hampir semua orang beranggapan jika mengkonsumsi banyak gula menyebabkan diabetes. Hal ini dikarenakan diabetes adalah penyakit yang disebabkan kadar gula yang berlebih didalam darah. Namun gula bukanlah penyebab utama diabetes, diabetes bisa disebabkan oleh faktor lain seperti keturuna dan faktor lainnya.

5. Penderita diabetes harus disuntik insulin

Pandangan ini memang tak salah, namun kurang tepat. Memang penderita diabetes tipe 1 harus disuntik insulin. Namun hal itu tidak berlaku pada penderita diabetes tipe 2, penderita diabetes tipe 2 hanya 30% yang membutuhkan suntikan insulin. Diabetes tipe 2 biasanya dikendalikan dengan obat-obatan seperti metformin. Obat tersebut akan bekerja mengurangi zat gula dalam darah dan meningkatkan insulin. Selain itu untuk mengatasi diabetes juga disarankan untuk olah raga secara teratur.

Demikianlah 5 pandangan keliru tentang diabetes. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef