5 Cara Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Memusuhi Anda

Cara elegan hadapi rekan kerja yang memusuhi anda. Setiap pekerjaan pasti ada suatu permasalahan yang dapat menghalangi dan memadamkan semangat anda. Bagaimana jika permasalahan itu bukan datang dari diri anda sendiri atau faktor lingkungan kerja? Permasalahan itu datang dari rekan kerja anda yang ternyata ingin menjatuhkan anda.

Pernahkah anda mengalami hal semacam ini? Ada rekan kantor yang sangat benci dengan anda, dia ingin menjatuhkan anda didepan atasan, ingin menjelek-jelekkan anda didepan rekan kerja anda yang lainnya, dan juga selalu mengkritik setiap pekerjaan yang anda lakukan. Padahal anda sendiri tidak ada salah dengan orang tersebut, dan anda sendiri juga merasa tidak ada yang salah dengan apa yang anda kerjakan. Dia hanya iri dengan kinerja kerja anda yang bagus dan selalu di sanjung atasan serta rekan lainnya.

Jika anda mengalami hal semacam itu, yang anda lakukan hanyalah tenang dan jangan dihadapi dengan agresif atau frontal. Jika anda menghadapi dengan kekerasan, anda sendiri yang nantinya akan rugi. Gunakanlah cara berikut ini, cara elegan untuk menghadapi rekan kerja anda yang membusuhi anda:

5 Cara Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Memusuhi Anda

1. Jangan bereaksi terlalu cepat

Jika ada rekan kerja anda yang menyebarkan gosip tidak benar tentang diri anda di kantor, sebaiknya anda tetap tenang dan melanjutkan pekerjaan anda. Jangan sampai hal itu masuk dalam hati anda dan menjadi beban pikiran. Cukup tenang dan biarlah pekerjaan anda yang berbicara tentang kebenaran yang sesungguhnya. Jika pekerjaan anda tetap baik, maka rekan lainnya dan atasan pun akan tetap percaya dengan anda. Namun jika anda menghadapi dengan keras dan mara-marah, bisa jadi mereka mengira jika gosip itu memang benar.

2. Minta saran darinya

Ketika anda sedang meeting bersama bos dan mengajukan sebuah ide, lalu ide anda dikritik oleh rekan kerja anda, cobalah untuk minta saran kepadanya, bagaimana ide yang pas menurutnya. Jika dirinya memang tulus pasti memiliki ide yang bagus. Namun jika dia mengkritik hanya akal-akalan dan ingin menjatuhkan anda, dirinya pasti akan panik ketika anda bertanya tentang ide yang pas yang bagaimana. Namun anda juga harus siap menjalankan idenya jika idenya ternyata bagus dan pas serta cocok.

3. "Musuh" juga manusia

Mungkin anda tahu dia adalah orang yang memusuhi anda. Namun anda juga harus sadar dia juga manusia yang juga sayang terhadap keluarga serta anak-anaknya. Anda bisa mengajaknya makan bersama atau sekedar minum kopi dikantor untuk mengetahui lebih dalam lagi informasi tentang dirinya jika dirinya benar membenci anda. Anda jangan langsung menuduhh jika dirinya orang yang jahat. Dengan mengajaknya makan bersama juga akan membuatnya sadar dan tidak memusuhi anda lagi.

4. Hindari membalas dendam

Anda merasa rekan kerja anda yang satu ini selalu mengganggu pekerjaan anda, dan selalu ingin menjatuhkan anda. Meskipun dirinya selalu ingin menjatuhkan dan menjelek-jelekan anda, janganlah anda menyimpan dendam dihati anda. Jika ada yang bertanya tentang masalah anda dengan dirinya, anda bisa menjawab yang sejujurnya. Jangan berbohong saat menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Dengan begini, orang lain akan tahu mana yang benar dan mana yang salah.

5. Bersikap profesional

Bersikaplah seperti biasanya, lakukan apa yang seharusnya anda lakukan, yaitu menyelesaikan pekerjaan anda dengan baik dan benar. Jangan bersikap kekanak-kanakan. Jika anda tergabung dalam tim kerjanya, jangan sampai anda terlihat tidak ingin dan tidak cocok serta tidak bisa bekerja bersamanya. Buktikan jika anda lebih baik dan bisa bekerja satu tim dengannya. Jika dirinya ingin meminta bantuan, berikan apa yang anda bisa, jangan berlebihan juga jangan mengurangi kemampuan anda saat membantu. 

Demikianlah 5 cara elegan menghadapi rekan kerja yang memusuhi anda. Dengan cara tersebut, image anda tidak akan menjadi buruk justru anda akan terlihat lebih baik dan lebih dewasa. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef