5 Cara Agar Hubungan dengan Mertua Harmonis

Cara agar hubungan degan mertua harmonis. Orangtua dan mertua memiliki peran penting dalam setiap hubungan. Suatu hubungan akan berjalan dengan lancar dan langgeng bilamana orangtua dan mertua merestui hubungan tersebut.

Sebelum maupun sesudah mendapatkan restu mertua, tentunya kita harus tetap berhubungan baik dengan mereka. Karena hal itu merupakan kunci dari kelanjutan hubungan yang dijalani. Misalnya soal persiapan pernikahan, kebanyakan calon pengantin memiliki hubungan buruk setelah pernikahan berlangsung. Masalahnya ketika pernikahan sedang dalam persiapan, ada salah satu pihak mertua yang bersitegang dan terkadang tidak setuju dengan cara atau adat pernikahan dari sang calon, gaun pernikahan, tempat pelaksanaan, atau masalah sepele lainnya.

Pernahkah anda mengalami hal semacam itu? Hubungan yang hbaik dan harmonis dengan mertua memang sangat dibutuhkan. Selain berdampak baik dalam hubungan anda dengan dirinya, hubungan harmonis dengan mertua juga akan menambah kesan ketentraman dalam rumah tangga. Agar anda bisa tetap berhubungan baik dengan sang mertua, simak lima cara berikut ini:

5 Cara Agar Hubungan dengan Mertua Harmonis

1. Buka jalur komunikasi

Ketika anda memiliki sedikit perbedaan adatu masalah dengan mertua, anda tidak perlu memendam kekesalan yang mendalam. Cobalah bersikap terbuka dan jalin komunikasi dengan baik. Komunikasi yang baik akan menciptakan hubungan yang baik pula. Ketika anda berani bersikap terbuka dengan siapapun itu, teman, sahabat, pacar, dan mertua sekalipun, mereka pasti akan menghargai sikap anda tersebut, dan merekapun akan bersikap layaknya anda bersikap kepada mereka.

2. Cobalah untuk berbaik sangka

Memang hal ini sangat sulit untuk dilakukan. Berbaik sangka atau husnudzon. Berbaik sanka dengan mertua tentu akan menciptakan perasaan yang tenang dan tentram. Mulailah dari sekarang untuk selalu berbaik sangka dari setiap apa yang dilakukan mertua. Anda pun harus menghargai setiap apa yang dilakukan mereka. Karena mulai sekarang anda sudah pasti tinggal bersama mertua, segala acara keluarga pun akan anda lakukan bersama mertua.

3. Panda sebagai sosok penting yang sudah melahirkan pasangan

Inilah salah satu cara yang paling ampuh meredamkan amarah anda kepada sang mertua. Ketika anda memiliki kekesalan yang mendalam kepada mertua, cobalah berfikir, bagaimana jadinya jika mertua tidak melahirkan pasangan anda? tentu anda sekarang tidak akan bisa bersama pasangan anda yang sekarang. Untuk itu, berterimakasih dan bersyukurlah karena mertua telah melahirkan pasangan anda.

4. Tempatkan diri pada posisinya

Mungkin anda merasa mertua sudah ikut campur dalam urusan anda dengan pasangan. Ketika itu tentu anda merasa sedikit tidak nyaman. Tapi anda harus tenang dang jaga emosional. Mungkin itu dilakukan mertua untuk kebaikan hubungan anda dengan pasangan. Cobalah anda sekarang menempatkan diri pada posisinya, pasti anda akan melakukan seperti itu juga. Jika anda merasa kurang nyaman, terus terang kepada mertua, tapi bicarakan dengan sopan dan jangan sampai menyinggung perasaannya.

5. Toleransi

Mungkin anda merasa selu berbeda pendapat dengan mertua. Apapun selalu berbeda. Atau mungkin yang anda lakukan tidak sejalan dengan mertua. Anda jangan langsung marah dan menyimpan dendam dengan mertua. Disinilah dan di saat inilah anda perlu mengeluarkan rasa toleransi yang anda miliki. Perbedaan adalah hal yang wajar, mertua juga berbeda generasi dengan kita. Cobalah untuk bertoleransi terhadap sikap mertua .

Demikianlah 5 cara agar hubungan dengan mertua harmonis. Memang tak dipungkiri, hubungan menantu dengan mertua kerap tidak harmonis, semoga dengan cara diatas anda dan mertua anda bisa harmonis dan rukun. Terimakasih

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef