Alasan Anda Harus Mengurangi Kopi

Alasan anda harus mengurangi kopi. Kopi adalah suatu minuman yang dibuat dari biji kopi yang sudah disangrai menjadi bubuk kemudian diseduh dengan air panas. Proses pembuatan kopi dari awal memang membutuhan proses yang begitu panjang karena harus di panaskan, disangrai dan dihaluskan hingga benar-nemar halus.

Meskipun pembuatan kopi membutuhkan waktu yang tidak sebentar, anda tidak akan kecewa, karena rasa dari kopi itu sendiri memiliki rasa khas yang enak. Namun dibalik keenakan kopi, kopi juga menyimpan dampak negatif bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Banyaknya kandungan kafein pada kopi membuat kopi kurang baik untuk kesehatan jika terlalu berlebihan mengkonsumsinya.

Jika anda merupakan salah satu penggemar kopi, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu tentang manfaat dan juga dampak buruk dari kopi itu sendiri. Ada banyak gangguan yang akan anda rasakan ketika anda berlebihan meminumnya. Jika anda sering merasakan gangguan-gangguan itu, sebaiknya mulai sekarang anda kurangi mengkonsumsi kopi berlebihan. Berikut beberapa alasan anda harus mengurangi kopi:

Alasan Anda Harus Mengurangi Kopi

1. Naiknya asam lambung

Apakah anda pernah atau bahkan sering mengkonsumsi kopi di pagi hari sebelum sarapan? Perlu anda ketahui, bahwa mengkonsumi kopi dipagi hari sebelum sarapan akan dapat memproduksi asam klorida atau asam lambung lebih banyak.

2. Iritasi perut

Kopi kaya akan kandungan kafein dan kandungan asam yang dapat mengiritasi perut dan lapisan usus kecil. Ketika dalam tubuh anda kelebihan kafein dan asam, anda akan merasakan ganguan berupa kram, sembelit, dan diare. Untuk menghindari gangguan tersebut, anda harus mengurangi mengkonsumsi kopi berlebihan.

3. Mengganggu penyerapan makanan

Minum kopi mampu merangsang paristaltik yang dapat dengan cepat membuat makanan masuk kedalam usus kecil, sehingga tidak bisa terserap dengan baik. Penyerapan makanan pun akan semakin terganggu. Jika hal itu dibiarkan, anda akan terkena resiko lebih besar terserang berbagai macam penyakit.

4. Panas dalam

Mengkonsumsi kopi berlebihan dapat mengganggu kesehatan esofagus bagian bawah. Asam klorida akan muncul dan akan membuat anda terkena panas dalam. Jika anda sudah merasakan hal semacam ini, sebaiknya untuk segera konsultasi dokter dan kurangi minum kopi.

5. Kekurangan mineral

Anda akan kekurangan asupan mineral jika anda terlalu banyak dan berlebihan dalam mengkonsumi kopi. Kopi dapat mempengaruhi kemampuan ginjal dalam memproduksi zinc, kalsium dan magnesium. Asupan mineral yang berkurang dari dalam tubuh anda akan membuat tubuh anda semakin lemas.

6. Stres

Hormon kortisol akan dapat meningkat lebih tinggi jika anda terlelu banyak mengkonsumsi kopi. Selain hormon kortisol juga ada hormon epinefrin dan norepinefrin. Anda akan merasa tubuh anda kurang nyaman, karena anda tidak memberikan waktu kepada tubuh anda untuk beristirahat secara cukup, sehingga anda akan lebih mudah terkena stres.

7. Mengurangi kepadatan tulang

Kopi dapat mengurangi mineral  dalam tubuh anda. Sehingga tulang anda pun akan mengalami penurunan kesehatan. Tulang anda semakin lama akan semakin rapuh. Dan itu lebih cepat dari umumnya.

Demikianlah alasan anda harus mengurangi mengkonsumsi kopi. Kopi yang berlebihan tidak baik untuk tubuh kita. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef