7 Obat Luka Alami Yang Bisa Anda Gunakan

Obat luka alami yang bisa anda gunakan. Dalam kehidupan sehari-hari kita tak akan pernah lepas dari yang namanya resiko terluka seperti tergores benda tajam hingga berdarah, kecelakaan, jatuh dan lain sebagainya. Terkadang aktivitas yang kita lakukan seperti aktivitas didapur juga dapat menyebabkan kita terluka.

Saat terluka atau tergores benda tajam seperti pisau, biasanya akan membuat orang panik dan biasanya orang akan menghentikan pendarahan dengan cara mengikat luka dengan kain. Sebenarnya hal itu berbahaya, karena jika tidak langsung ditangani dapat menyebabkan infeksi pada luka tersebut. 

Namun anda tak perlu khawatir, ada beberapa bahan alami yang ada disekitar anda yang bisa dijadikan sebagai penolong luka anda tersebut. Mau tau obat alami apasaja yang bisa anda gunakan. Berikut 7 obat alami yang bisa anda gunakan saat terluka.
7 Obat Luka Alami Yang Bisa Anda Gunakan

1. Es batu

Ketika anda terluka, anda tak perlu panik, ambilah es batu dari kulkas anda dan tempelkan pada luka anda. Es batu sangat ampuh untuk membekukan dan mengentikan pendarahan pada luka anda, sehingga darah tidak keluar dengan deras. Es batu juga memperkerut pembuluh darah sehingga luka akan cepat menutup.

2. Bubuk kopi

Dirumah anda pasti sedia yang namanya bubuk kopi, ya bubuk kopi tidak hanya bisa kita manfaatkan sebagai minuman. Bubuk kopi juga bisa anda gunakan sebagai obat luka. Taburkan bubuk kopi pada luka dengan demikian pendarahan akan cepat berhenti. Bubuk kopi juga memberikan efek untuk menutup luka dengan cepat. 
3. Pasta gigi
Tidak hanya untuk gigi saja, pasta gigi juga bisa menjadi penolong ketika anda sedang terluka. Gunakan pasta gigi pada luka anda seperti anda menggunakan salep. Pasta gigi memiliki efek astringent yaitu zat yang membuat jaringan biologis berkontraksi atau mengkerut, demikian luka akan cepat menutup dan sembuh.

4. Garam

Bumbu dapur yaitu garam juga bisa menjadi penolong pertama ketika anda sedang terluka. Namun anda akan merasakan sedikit perih ketika menggunakan garam sebagai obat luka. Tapi garam cukup efektif untuk menghentikan luka. Garam akan menyerap darah yang keluar dan membuat luka cepat mengering. Selain itu garam juga akan membuat luka menutup dengan cepat dan mencegah infeksi.

5. Bubuk kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak sekali manfaat. Nahh dalam hal ini kunyit juga dapat kita manfaatkan sebagai obat luka. Seperti halnya kopi, taburkan bubuk kunyit pada luka anda, hal ini akan membuat darah cepat membeku dan luka cepat mengering.

6. Teh celup

Kantung teh yang biasanya anda buang, ternyata bisa anda jadikan sebagai penolong pertama ketika anda sedang terluka. Kantung teh dapat membuat darah cepat membeku dan menutup luka. Tempelkan kantung teh yang dingin pada luka anda dan tekan selama kurang lebih 2 menit, darajh akan berhenti dan luka akan menutup.

7. Bubuk cabai merah

Mungkin banyak yang menganggap cabai berbahaya bagi luka, namun sebenarnya cabai justru bisa kita jadikan sebagai obat luka. Bubuk cabai bisa anda manfaatkan untuk mengentika pendarahan pada luka. Meskipun demikian akan terasa perih, jika anda tak bisa menahan rasa perih disarankan untuk menggunakan cara lain seperti yang telah disebutkan diatas.

Demikianlah 7 obat luka alami yang bisa anda gunakan. Tak perlu panik ketika anda terlukan. Bahan-bahan alami yang ada disekitar anda bisa menjadi obat ampuh untuk luka anda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef