7 Makanan Enak Pemicu Batu Ginjal Yang Wajib Anda Waspadai

Makanan enakan pemicu batu ginjal. Batu ginjal merupakan kondisis dimana terbentuknya material keras yang menyerupai batu didalam ginjal. Material tersebut berupa zat-zat limbah didalam darah yang dipisahkan oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengeras sperti kristal atau batu seiring berjalannya waktu.

Batu ginjal sendiri saat ini menjadi ancaman kesehatan nomer satu dari kesehatan ginjal. Sadar akan penyakit batu ginjal yang semakin menyerang kesehatan manusia, tentu kita harus mengubah pola hidup kita ke pola hidup yang sehat. Dalam hal ini tentu anda sangat memperhatikan makanan apa yang anda konsumsi.

Nahh dalam hal ini ada beberapa makanan enak yang tanpa disadari makanan tersebutlah yang menjadi pemicu bantu ginjal. Penasaran makanan apasaja yang menjadi pemicu timbulnya batu ginjal. Berikut 7 makanan enak pemicu batu ginjal yang wajib anda waspadai.
7 Makanan Enak Pemicu Batu Ginjal Yang Wajib Anda Waspadai

1. Daging merah

Makanan pertama adalah daging merah, ya daging merah merupakan makanan yang memicu timbulnya batu ginjal, selain itu daging merah juga dapat menyebabkan tekananan darah tinggi, stroke hingga serangan  jantung. Oleh sebab itu anda harus mengurangi dalam mengkonsumsi daging merah, meskipun daging merah dapat menyediakan kebutuhan zat besi, namun daging merah juga dapat membahayakan tubuh kita. Tingginya asam urat yang menjadi penyebab utama daging merah memicu produksi batu ginjal.

2. Kafein

Nahh bagi anda pengemar kopi, kini anda harus waspada, hal ini dikarenakan kafein juga menjadi penyebab munculnya batu ginjal. Kafein yang terdapat pada kopi mampu meningkatkan sekresi kalsium dalam urin yang membuka kesempatan untuk batu ginjal. Selain itu kafein juga menjadi penyebab timbulnya dehidrasi yang menjadi salah satu asalan timbulnya batu ginjal.

3. Minuman berkarbonasi

Siapa yang tidak suka dengan minuman berkarbonasi atau minuman bersoda, pasti semuanya menyuakinya. Namun dibalik kesegaran akan minuman berseoda tersebut ternyata menyimpan resiko cukup besar untuk kesehatan ginjal kita. Ya minuman berkarbonasi menjadi pemicu timbulnya batu ginjal.

4. Garam

Masakan tanpa garam tentunya akan terasa hambar dan tidak enak, ya garam menjadi bumbu wajib setiap makanan. Namun jika kita mengkosumsi garam dalam jumlah yang berlebih juga akan berakibat buruk pada ginjal kita. Hal ini disebabkan karena garam mengandung sodium yang dapat menimbulkan tekanan darah, penyakit jantung dan yang pastinya penyakit ginjal. Gunakanlah garam, namun jagan terlalu banyak, anda bisa mengantinya dengan memperbanyak rempah-rempah seperti bawanh putih dan lain sebagainya.

5. Alkohol

Semua orang pasti setuju jika alkohol tidak baik untuk kesehatan. Ya benar sekali, alkoho dapat menyebabkan obesitas, tekanan darah tinggi, stroke hingga serangan jantung. Selain itu alkohol juga menjadi pemicu timbulnya batu ginjal dan dapat merusak hati. Jauhilah minuman beralkohol.

6. Pemanis buatan

Nahh pemanis buatan juga tak baik untuk kesehatan, namun sayanganya pemanis buatan sering digunakan untuk jajanan anak-anak. Sebagai orang tua harus lebih berhati-hati dalam memiliki jajanan buat si buah hati, jangan sampai memilih jajanan yang mengandung pemanis buatan. Hal ini dikarenakan pemanis buatan salah satu pemicu timbulnya batu ginjal.

7. Karbohidrat olahan

Banyak orang yang tidak menyadari jika apa yang mereka konsumsi setiap hari dapat menjadi pemicu batu ginjal., Ya karbohidrat olahan menjadi pemicu timbulnya batu ginjal. Anda harus lebih berhati-hati dengan karbohidrat olahan seperti roti, mie dan makanan lainnya.

Demikianlah 7 makanan enak yang menjadi pemicu timbulnya batu ginjal. Anda harus mewaspadai makanan-makanan tersebut dan harus tetap menerapkan pola hidup sehat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef