6 Kunci Atasi Asam Urat

Kunci atasi asam urat. Asam urat adalah suatu penyakit peradangan menyakitkan yang terjadi pada sendi akibat penumpukan kristal asam urat. Asam urat dapat menyerang pada kaki, pergelangan kaki, lutut, dan tangan. Kelebihan atau kekurangan kadar asam urat menjadi salah satu indikasi timbulnya penyakit atau gangguan pada tubuh.

Penyakit yang sering disebut dengan gout arthritis ini memiliki penderita yang cukup banyak bagi kalangan pria maupun wanita. Asam urat mungkin tergolong tidak berbahaya, namun rasa nyerinya yang sangat mengganggu membuat penderitanya sering mengeluhkan hal itu. Rasa nyeri ini biasanya dirasakan di malam hari.

Salah satu penyebab timbulnya asam urat yaitu salah dalam memilih makanan yang akan dikonsumsinnya. Misalnya salah memilih makanan yang memiliki kadar purin tinggi seperti daging merah, ikan sarden, bayam, kembang kol, tahu, dan tempe. Untuk mengatasinya, berikut ini enam kunci yang efektif mengatasi asam urat:

6 Kunci Atasi Asam Urat

1. Mengurangi makanan yang mengandung purin

Untuk menghindari asam urat, kurangilah atau hindarilah makanan yang mengandung purin. Kurangi makanan yang bersumber dari protein hewani, seperti kuning telur, jeroan, kambing, kepiting, dan ayam. Konsumsilah makanan yang mengandung protein murni seperti putih telur.

2. Makan makanan yang tepat

Menjaga berat badan adalah salah satu cara untuk mengatasi asam urat secara alami. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, dan produk susu yang rendah atau bebas lemak. Lakukan diet sehat dan jangan memaksa untuk diet ketat.

3. Pebanyak minum air putih

Air putih merupakan sumber kehidupan. Dalam sehari, manusia minum air putih minimal 8-10 gelas. Hal itu bertujuan agar cairan dalam tubuh terpenuhi dan tubuh juga terhidrasi. Jika tubuh terhidras, tubuh akan mudah menangkal asam urat.

4. Hindari yang manis

Makanan dan minuman yang memiliki kadar pemanis buatan tinggi tidak baik untuk tubuh. Terutama pada orang yang menderita asam urat. Misalnya soda dan jus dalam kemasan. Jika jus alami tanpa pemanis buatan itu boleh dikonsumsi dan bahkan dianjurkan.

5. Menjaga berat badan

Obat asam urat yang paling ampuh adalah dengan menjaga berat badan stabil. Dengan diet yang seimbanng dan selalu berolahraga dengan rutin, anda pasti akan terhindar dari asam urat. Tak perlu olahraga berat, cukup yang ringan tapi rutin setiap hari.

6. Stop minuman beralkohol

Minuman beralkohol merupakan salah satu minuman yang menyebabkan timbulnya asam urat. Kadar purin pada minuman alkohol sangatlah tinggi. Alkohol juga dapat menyebabkan berat badan semakin naik karena kandungan kalori yang tinggi. Hindari minuman apapun itu yang mengaandung alkohol.

Demikianlah 6 kunci atasi asam urat.  Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef