5 Cara Terbaik Menolak Lamaran Nikah

Cara terbaik menolak lamaran nikah. Pernahkah anda dilamar orang yang mungkin anda sendiri tidak kenal attau tidak menyukainya? Dan anda pun berniat untuk menolak lamarannya tapi bingung dan takut menyakiti hatinya. Lalu bagaimana cara terbaik yang bisa anda gunakan untuk menolak lamarannya dengan tidak menyakiti hatinya?

Memang sangat sulit jika kita berbicara tentang penolakan lamaran pernikahan dengan tidak menyakiti hati sang pelamar. Karena faktanya, setiap penolakan tentu menimbulkan rasa kekecewaan yang mendalam, meskipun penolakan itu dengan cara yang lembut. Apalagi jika yang melamar itu menaruh harapan yang sangat tinggi kepada anda, mungkin akan sangat lebih tersakiti jika mendengar kata tolak dari mulut anda.

Hal itu sama dengan anda ketika melamar pekerjaan disuatu perusahaan yang kemudian ditolak, atau mungkin ujian sekolah yang tidak lulus, atau mungkin juga ketika anda mengajukan judul skripsi akan tetapi ditolak. Bagaimana yang anda rasakan? Padahal anda sendiri menaruh harapan yang besar pada hal tersebut. Tentu anda akan sangat kecewa kan?

Tak jauh berbeda dengan lamaran pernikahan, ketika anda menngajukan judul skripsi dan ditolak dosen, meskipun dengan rasa kesal dan kecewa, anda pasti akan tetap memperbaiki kan? meskipun dengan perasaa terpaksa, itu anda lakukan demi kebaikan anda.

Jika anda tiba-tiba dilamar oleh seseorang yang tidak anda kenal, atau tidak anda sukai, atau mungkin anda ingin menolaknya karena sebab yang lain. Anda tentu harus menggunakan cara terbik yang tidak menyakiti perasaannya. Berikut ini lima cara terbaik menolak lamaran nikah:

5 Cara Terbaik Menolak Lamaran Nikah

1. Jangan memberi harapan

Lamaran pernikahan terkadang bisa saja terjadi disaat anda tidak siap atau mungkin anda tidak tau dan tidak ada kabar. Ketika hati anda berkata anda tidak mau dilamar, cobalah untuk tidak memberikan harapan kepadanya. Jangan terlihat seperti memberikan harapan kepadanya. Buatlah suatu keputusan yang tegas namun tetap sopan kepadanya.

2. Jelaskan alasan anda kenapa anda tidak ingin menikah

Ketika anda berani mengambil keputusan untuk menolak lamarannya, anda harus menyiapkan alasan yang membuat anda menolak lamaran tersebut. Tanyakan kepaa hati anda apa yang membuat anda mengambil keputusan seperti itu. Apa mungkin anda belum siap, atau anda merasa jika nanti hubungana anda dengannya tidak akan berjalan lancar, aatau anda tidak suka kepadanya, atau mungkin karena alasan yang lain. Jelaskan alasan anda kepadanya dengan bahasa yang baik, lembut dan sopan.

3. Jangan termakan bujuk rayuan omongan orang

Mungkin anda mendengar orang lain berkata "Terima saja lamarannya, dia orang kaya dan baik hati, jadi tunggu apa lagi? pasti anda akan dipenuhi semua yang anda minta. Anda termasuk orang yang beruntung lho. Terima saja, keburu jadi perawan tua kamu.". Anda jangan langsung menyetujui omongannya, tanyakan kepada hati anda, hati andalah yang tahu. Jangan termakan rayuan yang anda sendiri belum tahu kebenarannya. Pikirkan baik-baik jika anda ingin terhindar dari penyesalan.

4. Bilang kepadanya sebelum ia benar-benar datang kerumah anda dengan keluarganya.

Jika disaat anda dan dirinya mengobrol tapi dirinya selalu mengalihkan ke pernikahan. Sekarang waktunya anda untuk memperjelas dan serius dengan pembahasan tersebut. Tanyakan bagaimana perasaannya selama ini kepada anda. Dan ungkapkan semua perasaan anda yang sebenarnya dan sejujur-jujurnya kepadanya. Ungkapkan semuanya sebelum dirinya memutuskan untuk datang melamar anda.

5. Pikirkan masa depan

Sebelum anda mengambil keputusan, anda juga perlu memikirkan asa depan anda. Jika anda benar-bbenar berfikir jika nantinya ketika anda bersamanya tidak bisa menemukaan masa depan yang indah, bilang kepadanya tentang alasan anda. Apa yang membuat anda menolak lamarannya. Jangan biarkan ada rasa yang mengganjal dalam hati anda. Jika masih bingung, berilah waktu dan jangan terburu-buru.

Demikianlah 5 cara terbaik untuk menolak lamaran nikah. Gunakanlah cara tersebut agar pria tidak sakit hati. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef