4 Hal yang dapat Merusak Gigi

Hal yang dapat merusak gigi. Gigi adalah alah satu bagian yang terdaat didalam mulut yang memuluku tekstur keras. Gigi memiliki bervariasi struktur, dan masing-masing memimiliki tugas yang berbeda. Gigi juga memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi. Email gigi ini berfungsi membantu melindungi gigi dari serangan yang bisa membuat gigi berlubang.

Meskipun gigi bertekstur keras dan memiliki pelindung yaitu email gigi, namun gigi juga bisa terserang dan juga rentan rusak jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik. Sesuatu yang kuat membutuhkan pelindung, dan disamping ada perlindungan juga ada penjagaan dan perawatan. Tujuannya agar tetap awet dan tetap kokoh. Sama halnya dengan gigi, kuat tapi butuh perlindungan dan juga perawatan yang baik agar tidak rusak dan berlubang.

Hal-hal yang dapat membuat gigi menjadi rusak dan berlubang memang banyak. Bisa karena kebiasaan sehari-hari yang tidak baik untuk gigi, hingga perawatan yang dilakukan tidak sesuai prosedur atau cara-cara yang benar. Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa hal yang dapat merusak gigi:

4 Hal yang dapat Merusak Gigi

1. Mengunyah es batu

Apakah anda termasuk orang yang gemar mengunyah es batu saat meminum es? Sebaiknya anda hentikan mulai dari sekarang. Karena kebiasaan tersebut tidaklah baik untuk gigi. Mengunyah gigi dapat membuat gigi terasa ngilu. Dan efek lainnya adalah dapat merusak email gigi, sehingga gigi tidak memiliki pelindung dan akhirnya mudah terserang bakteri yang bisa membuat gigi berlubang.

2. Merokok

Mungkin yang anda tahu, rokok tidak baik untuk kesehatan tubuh bagian dalam saja. Sebenarnya, rokok juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Kandungan nikotin pada rokok dapat membuat gigi anda cepat kropos. Untuk menghindari hal semacam itu, segeralah anda untuk menghentikan kebiasaan anda merokok, baik itu secara aktif maupun pasif. Terutama bagi anda perokok aktif.

3. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet memang menyenangkan. Namun, disamping menyenangkan juga merugikan. Permen karet mengandung kadar gula yang tinggi. Jika dikunyah terlalu lama, kadar gulanya tersebut akan menempel pada gigi anda dan menyebabkan berkarang dan bahkan hingga berlubang. Jika tidak segera dibersikhkan akan berbahaya pada gigi anda.

4. Minum teh

Minum teh memang menyenangkan, apalagi jika dicampur es, pasti lebih menyegarkan. Kandungan antioksidannya juga dapat membuat awet muda. Namun, minum teh berlebihan juga akan membuat gigi anda semakin tidak sehat. Gigi anda akan tampak lebih menguning karena kandungan kafein yang ada pada teh yang anda konsumsi.

Demikianlah 4 hal yang dapat merusak gigi. Hindarilah ke empal hal tersebut agar gigi anda terhindar dari masalah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef