9 Dampak Buruk Kurang Tidur

Kurang tidur bisa mengakibatkan timbulnya berbagai gangguan kesehatan. Entah itu karena tuntutan pekerjaan atau karena begadang lainya, jika dilakukan terus menerus tidaklah baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Hendaknya tidur dilakukan selama 7-8 jam dalam sehari. Jika kurang dari batas normal durasi tidur, kemungkinan akan terjadi gangguan pada kesehatan. Salah satunya adalah gangguan jantung. Dan anda pun akan sering lupa, karena daya ingat yang perlahan menurun lebih cepat dari biasanya. Untuk menghindari dampak buruk tersebut, tidur yang cukup adalah solusinya, tidak kurang dan tidak lebih, bisa membuat kesehatan tubuh selalu terjaga.

Selain itu, masih banyak lagi dampak buruk akibat kurangnya waktu tidur. Anda akan menerima konsekuensi yang lebih dari apa yang anda kira akibat kurangnya waktu tidur. Berikut ini beberapa dampak buruk dari kurang tidur:

9 Dampak Buruk Kurang Tidur

1. Pelupa

Ketika anda sering kekurangan waktu tidur, otak anda akan menerima sinyal dari tubuh. Jika sudah sering membiasakan waktu tidur anda tersita, daya ingat dan daya konsentrsi anda akan semakin melemah. Dan anda pun akan sulit menyerp informasi yang masuk.

2. Daya tahan tubuh menurun

Kurangnya tidur dapat menyebabkan daya tahan tubuh yang melemah. Kekebalan tubuh anda akan semakin menurun. Karena untuk meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya adalah dengan tidur yang cukup dan tepat waktu.

3. Sering bingung

Anda akan sering merasakan kebingungan saat dihadapi suatu pilihan. Itu karena otak anda mengalami penurunan kemampuan. Rasa percaya diri anda dalam segala hal juga akan berkurang. Pikiran anda akan menjadi semakin kacau dan sulit untuk berpikir yang lebih jernih.

4. Diabetes

Resiko terkena diabetes pun akan semakin bertambah jika anda sering kurang tidur. Karena disaat anda kurang tidur, tingkatan insulin akan meningkat, sehingga menyebabkan anda mudah terkena diabetes.

5. Kesehatan jantung terganggu

Saat anda kekurangan tidur, jantung anda tidak mampu memompa darah dalam jumlah normal dan maksimal. Sehingga kesehatan jantung pun akan menurun. Konsekuensi terburuk dari itu adalah anda akan terkena penyakit jantung dan akan merasa sering lemas serta mudah lelah.

6. Kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan akan berjalan cepat ketika anda kurang tidur. Tidur yang kurang dari 7 jam dalam sehari dan dilakukan terus menerus akan menyebabkan berat badan anda meningkat lebih cepat. Jika anda ingin terhindar dari kegemukan, cobalah untuk tidur yang cukup.

7. Kanker

Memang kurang tidur bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Kanker juga termasuk salah satu penyakit yang terlibat. Kemungkinan besar bagi anda yang kurang tidur akan lebih besar resiko terkena kanker.

8. Kehilangan kendali

Kurangnya tidur juga bisa menyebabkan anda kehilangan kendali. Baik itu sedang dalam berdiri, berjalan, maupun berkendara. Ketika berdiri berjalan akan mudah jatuh. Dan Ketika anda memegang barang, barang tanpa kita kehendaki bisa jatuh karena kehilangan kendali.

9. Mempengaruhi kecantikan

Yang terakhir, anda mungkin akan kehilangan kecantikan anda jika anda kurang tidur. Kulit wajah anda akan muncul garis halus dan kerutan. Alhasil, anda akan terlihat lebih tua dari umur anda. Wajah anda akan berkeriput dan tampak pucat.

Demikianlah 9 dampak buruk kurang tidur. Tidur merupakan aktivitas yang penting karena tidur akan membuat tubuh istirahat dan sistem pada tubuh akan bekerja secara maksimal. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef