7 Bahan Alami untuk Melawan Kolesterol

Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak setrol pada membran sel dan disirkulasi dalam plasma darah. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan kesehatan.

Tingginya kadar kolesterol pada tubuh bisa disebabkan karena kebiasaan dan pola hidup yang tidak teratur, serta pola makan yang juga tidak teratur. Kolesterol yang berdampak buruk pada tubuh yaitu kolesterol jenis LDL. Batas normal ketinggian kolesterol pada tubuh 160-200mg. Jika melebihi batas normal, maka kemungkinan besar akan terjadi masalah pada kesehatan anda.

Memang tidak semua kolesterol ersifat jahat. Ada juga kolesterol yang bersifat baik yaitu kolesterol jenis HDL. Kolesterol ini melarutkan kolesterol jahat. Namun jika hanya mengandalkan HDL tidak akan teratasi dengan cepat. Untuk melawan kolesterol dalam tubuh, anda juga harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami yang dapat memembantu melawan kolesterol jahat. Berikut ini beberapa bahan alami untuk melawan kolseterol jahat:

7 Bahan Alami untuk Melawan Kolesterol

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa mampu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Sebab minyak kelapa mengandung asam laurat yang bersifat anti-inflamasi. Asam laurat pada minyak kelapa mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik. Sehingga kolesterol LDL akan lebih mudah untuk dilawan.

2. Minyak astiri cengkeh

Minyak astiri cengkeh bersifat anti-inflamasi, anti-infeksi, dan analgesik, yang semua itu dapat mengatasi kolesterol LDL. Kandungan anti-oksidan pada minyak esensial yang aktif dalam cengkeh yaitu eugenol. Fungsinya sebagai inhibitor platelet efektif, dapat mencegah penggumpalan darah pada tubuh.

3. Minyak esensial kayu manis

Berdasarkan studi terbaru, menyebutkan bahwa mengkonsumsi setengah sendok teh kayu manis dapat mengurangi 20 gula darah, kolesterol, dan tligiserida. Komponen-komponen dalam minyak kayu manis seperti tanin, manitol, kumatrin, eugenol, dan lain-lain itu mampu mengatasi kolesterol LDL dengan baik.

4. Minyak esensial serai

Minyak ini mampu menurunkan kadar kolseterol pada tubuh. minyak esensial anti-mikroba ini mengandung berbagai zat untuk kekebalan tubuh yang berperan sebagai anti-inflamasi dan anaglesik. Minyak esensial serai juga mampu meningkatkan kolsterol HDL untuk memerangi LDL.

5. Magnesium

Kekurangan magnesium dalam tubuh akan memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Karena magnesium merupakan statin alami untuk mengontrol jumlah produksi kolesterol. Magnesium bisa didapat  pada sayuran hijau, biji-bijian, ikan, alpukat, dan lain-lain.

6. Vitamin C

Vitamin C membantu mengurangi peradangan pada tubuh serta membersihkan pembuluh darah. Vitamin C juga memicu enim yang mampu memecah kolesterol dan trigliserida menjadi asam lemak bebas. Gula darah dalam tubuh pun akan berkurang.

7. Blueberry

Kandungan antioksidan yang terdapat pada blueberry sangatlah tinggi. Sangat bermanfaat bagi fungsi kardiovaskular. Selain itu blueberry juga mengandung pterostilbene yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Sehingga kesehatan arteri pun akan terjaga dengan baik.

Demikianlah 7 bahan untuk melawan kolesterol. Konsumsilah kelima bahan alami tersebut agar kolesterol dalam tubuh anda bisa dikurangi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef