5 Tips Mempertajam Kecerdasan

Otak membutuhkan latihan kayaknya otot. Otak yang sering digunakan dengan baik dan benar akan lebih trampil dan lebih mudah digunakan untuk berpikir. Selain itu, kemampuan otak dalam berkonsentrasi dan lainnya akan semakin meningkat. Namun akan sebaliknya jika penggunaan otak salah pada tempatnya, misalnya digunakan dengan obat-obatan atau bahan kimia berbahaya, kemampuan berfikir akan menurun, dan kondisi otak pun akan memburuk.

Memiliki kecerdasan yang baik merupakan keinginan setiap orang. Kecerdasan yang baik akan mempermudah seseorang dalam meraih cita-citanya menuju kesuksesan di masa depan. Memang kecerdasan setiap orang itu berbeda-beda. Dan diwaktu kecil pun tak semua orang ditakdirkan memiliki kecerdasan yang baik. Namun semua orang ditakdirkan untuk selalu berusaha meraih kecerdasan yang baik berbarengan dengan berjalannya waktu.

Untuk mempertajam kecerdasan anda. Anda perlu mengetahui beberapa tips yang bisa anda lakukan dan anda biasakan setiap harinya. Beberapa tips ini mampu mempertajam kecerdasan anda secara efektif dan terkadang andapun tidak menyadarinya jika kecerdasan anda meningkat. Berikut ini beberapa tips mempertajam kecerdasan:

5 Tips Mempertajam Kecerdasan

1. Hindari alkohohol

Alkohol bisa mengubah hidup anda menjadi lebih buruk. Mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang akan dapat mengubah gaya bicara, gerakan, dan memori. Semuanya akan menurun dan bahkan menjadi lebih buruk. Bahkan juga bisa mengecilkan frontal otak. Semua efek itu bersifat permanen. Sebab itu, hindari alkohol mulai dari sekarang. Dan jika belum bisa, hindari secara perlahan.

2. Musik

Berlatih musik mampu melatih kecerdasan otak. Bermain musik membantu meningkatkan kekuatan otak di hari tua nanti. Kemampuan mental, memori, dan kemampuan menyusun rencana dengan baik akan semakin meningkat secara perlahan. Tapi ingat, musik yang positif, bukan yang negatif.

3. Latihan fisik

Latihan fisik yang berhubungan dengan kesehatan jantung seperti berenang dan berlari akan sangat berdampak pada mental. Dan juga akan berdampak pada ketajaman otak dalam berfikir. Karena mampu meningkatkan suplai darah ke otak dan meningkatkan hubungan antara sel-sel otak.

4. Video game

Bermain game dapat melatih otak untuk mempertajam kecerdasannya. Video game mampu merangsang bagian otak yang mengontrol gerakan, memori, perencanaan, dan ketrampilan motorik halus. Namun jangan terlalu sering bermain game, harus juga diimbangi dengan belasajar. Karena kecanduan game juga berefek  tidak baik.

5. Diet sehat

Berat badan yang lebih bisa menurunkan keinginan anda dalam beraktivitas termasuk belajar. Dengan diet anda akan dapat mempertajam kecerdasan. Karena diet pasti akan mengatur dan menjaga pola makannya dengan baik. Dan juga tentu akan menghilangi makanan berkolesterol dan berlemak tinggi. Dan menggantinya dengan sayuran dan buah-buahan yang baik untu pertumbuhan otak.

6. Berteman

Bertemanlah dengan orang yang banyak dan juga teman yang baik. Bersosialisasi dengan banyak teman mampu meningkatkan kecerdasan otak. Karena dengan bersosialisasi anda akan mendapat pengalaman lebih. Anda bisa melakukannya dimana saja. Baik didalam komunitas, tempat kerja, dirumah, dan lain-lain.

7. Tetap tenang

Merasakan stres terlalu berlebihan dapat menyakiti otak yang berisikan sel-sel yang menyimpan dan memproses informasi. Jika anda merasa terlalu penat, anda bisa melakukan suatu hal yang bisa membuat anda lebih tenang, seperti mendengarkan musik, meditasi, yoga, dan lain sebagainya.

8. Tidur

Setiap orang dewasa membutuhkan tidur 7-8 jam dalam sehari. hal itu bisa membuat otak anda merasa lebih tenang dan nyaman dalam beristirahat. Jika anda memaksakan otak anda untuk terus bekerja seharian tanpa istirahat yang cukup, otak anda akan mengalami penurunan kemampuan, karena terlalu over dalam beraktivitas. 

Demikianlah 5 tips mempertajam kecerdasan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef