5 Tips Memperlancar BAB

Kelancaran BAB (Buang Air Besar) sangat berpengaruh pada aktivitas setiap manusia. Karena jika buang air besarnya tidak lancar, aktivitas pun akan terganggu. BAB merupakan proses metabolisme tubuh yang membantu membuang sisa makanan yang telah dicerna dan juga limbah yang berada didalam perut. Pembuangan BAB teratur dan lancar merupakan pertanda bahwa pencernaan dan metabolisme dalam tubuh berjalan sempurna.

BAB umumnya bisa dilakukan kapan saja. Namun akan lebih terasa nyaman bila selalu lancar dan nyaman di pagi hari. Buang air besar yang rutin biasanya dilakukan 2 kali dalam sehari. Ketidak lancaran BAB disebabkan oleh mengeringnya cairan yang ada didalam tubuh, akibatny usus besar mengalami pelemahan saat berkontraksi. Selain kurangnya cairan dalam tubuh, tidak lancarnya BAB juga bisa disebabkan karena kurangnya serat.

Untuk mengatasi BAB yang tidak lancar, anda tidak boleh sembarangan dalam pengobatannya. Untuk lebih amannya, anda perlu beberapa cara atau tips agar annda bisa lebih mudah mengatasi masalah tersebut. Berikut ini beberapa tips untuk memperlancar BAB:
5 Tips Memperlancar BAB

1. Perbanyak konsumsi serat dan air

Kekurangan serat dan cairan memang dapat menyebabkan buang air besar tidak lancar. Oleh sebab itu, anda perbanyaklah mengkonsumsi segala jenis sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat serta kandungan air yang banyak. Selain menutrisi juga dapat memperlancar BAB anda. Dan selain itu, anda juga jangan sampai meninggalkan air putih, minumlah air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Hal itu untuk membuat tubuh anda terhidrasi dengan baik dan bab juga bisa lancar.

2. Kurangi konsumsi susu

Susu memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, jika mengkonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan, terutama pada pencernaan. Susu mengandung kalsium yang dapat memperberat kinerja pencernaan pada area ginjal. Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai untuk lebih amannya.

3. Kurangi konsumsi kopi

Jika anda memiliki penyakit maag atau gangguan pada pencernaan anda, kemungkinan besar anda akan merasakan sakit perut yang melilit ketika mengkonsumsi kopi. Kopi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, karena dapat mempengaruhi pencernaan. Untuk mengimbangi kopi, perbanyaklah minum air putih dan mengkonsumsi serat.

4. Jangan begadang

Susah BAB ternyata juga bisa disebabkan karena kurang tidur atau begadang. Begadang bisa membuat terhambatnya detoksifikasi tubuh. Dan racun dalam tubuh akan terhambat pengeluarannya jika anda sering tidur larut malam atau bahkan begadang. Tidurlah secara cukup setiap hari untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan anda.

5. Kurangi diet karbo

Anda yang melakukan diet karboidrat, sebaiknya untuk mengurangi dari sekarang. Karena jika tidak makan karbohidrat tapi memperbanyak protein dan serat juga akan membahayakan pencernaan. Intinya nutrisi yang diperoleh tubuh itu harus seimbang. Jika anda memaksa untuk diet karbo, resiko anda salah satunya adalah permasalahan pada sistem pencernaan (susah buang air besar).

Demikianlah 5 tips memperlancar BAB. Lakukan kelima tips tersebut agar BAB lancar perutpun lega. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef