5 Cara Ampuh Mengurangi Resiko Penyakit Demensia

Penyakit demensia merupakan penyakit yang menyebabkan penurunan fungsional yang sering kali disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak. Demensia termasuk dalam penyakit alzhiemer yang memperngaruh daya ingat, berfikir, emosi, dan juga prilaku si penderita. Penyakit demensia sendiri setidaknya telah menyerang satu dari tujuh orang.

Demensia bisa dikenali dengan gejala-gejala yang muncul. Penyakit demensia memiliki beberapa gejala diantaranya adalah sulit untuk focus, daya ingat melemah, gangguang berkomunikasi, kesulitan dalam mengambil keputusan dan lain sebagainya. Selain itu si penderita juga akan menunjukan perubahan prilakuk seperti cara makan, cara perpakaian, kegemaran dan lain sebagainya yang sulit untuk dilakukan sendiri.

Penyakit demensia sangat berbahaya karena berkaitan dengan otak juga daya pikir manusia. Oleh sebab itu kita harus mencegahnya sejak dini jika tak mau terserang penyakit demensia. Semua orang berpotensi terserang penyakit demensia. Namun anda tak perlu khawatir karena penyakit demensia dapat dicegah dengan beberapa cara. Berikut 5 cara ampuh mencegah penyakit demensia.
5 Cara Ampuh Mengurangi Resiko Penyakit Demensia

1. Berhenti merokok

Kita semua tahu jika rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, seragan jantung, gangguan kehamilan dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, rokok ternyata juga meningkatkan resiko demensia. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan penumpukan deposit lemak pada dinding arteri yang menyebabkan aliran darah, oksigen serta nutrisi yang menuju ke otak terhambat. Hal itu tentunya berdampak negatif pada otak. Oleh sebab itu hentikanlah kebiasaan merokok anda agar anda terhindar dari penyakit demensia juga penyakit lainnya.

2. Meningkatkan asupan antioksidan

Antioksidan berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit demensia. Nahh meningkatkan asupan antioksidan merupakan cara yang tepat untuk mengurangi resiko terserang penyakit demensia. Vitamin E, C, beta karoten serta mineral selenium merupakan antioksidan. Anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi buah atau sayuran yang berwarna cerah, anda juga bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan juga ikan laut.

3. Memenuhi kebutuhan omega 3 dan asam lemak

Omega-3 dan asam lemak berperan penting dalam melindungi sirkulasi yang pastinya mengurangi resiko terserang penyakit demensia.Untuk memenuhi kebutuhan omega-3 dan juga asam lemak nada bisa mengkonsumsi ikan salmon, sarden, sayuran hijau, kenari dan lain sebagainya.

4. Olah raga

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tentu olah raga adalah aktivitas yang tak bisa anda tinggalkan. Olah raga sangat efektif memperlancar peredaran darah ke otak. Oleh sebab itu olah raga juga merupakan cara ampuh untuk terhindar dari penyakit demensia. Para peneliti menganjurkan orang dewasa untuk melakukan olah raga 150 menit dalam seminggu.

5. Meningkatkan asupan vitamin B

Asupan vitamin B juga folat sangat ampuh mengurangi resiko penurunan kemampuan kognitif. Menurut peneliti keduanya dapat menurunkan kadar zat homocysteine. Kandungan zat tersebut jika terlalu tinggi dapat menganggu kemampuan kognitif. Zat itu juga yang di duga meningkatkan penyempitan arteri. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B juga folat pada sayuran hijau, sereal, buah jeruk, biji-bijian, susu, ragi dan lain sebagainya.

Demikianlah 5 cara ampuh mengurangi resiko penyakit demensia. Mencegah lebih dini lebih baik sebelum anda terserang. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef