4 Cara Tepat Mencegah Asam Lambung Naik

Asam lambung merupakan salah satu cairan yang terdapat pada lambung yang berguna untuk pencernaan makanan. Namun jika kadaranya naik atau tidak normal maka dapat membahayakan kerongkongan dan lambung itu sendiri. Karena ini dianjurkan bagi kita semua untuk menjaga agar asam lambung tersebut berada dalam keadaan yang seimbang dan normal.

Ketika  orang mengalami asam lambung, maka orang tersebut akan mengalami beberapa gejala diantaranya adalah rasa perih di dalam lambung yang menyebabkan mual, atau muntah kering, perut terasa nyeri seperti terbakar, perut kembung, mual pengen muntah, sering sendawa, kesulitan untuk menelan makanan dan lain sebagainya.

Penyakit asam lambung sendiri disebabkan oleh beberapa hal terutama adalah pola makan yang tak teratur, makanan yang dikonsumsi adalah makanan tak sehat, stres dan lain sebagainya. Bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit asam lambung tentunya anda harus menghindari berbagai hal yang menjadi penyebab utama timbulnya asam lambung. Nah berbicara tentang asam lambung, berikut ini kami berikan 4 tips mencegah asam lambung naik.
4 Cara Tepat Mencegah Asam Lambung Naik

1. Jauhi makanan yang menjadi penyebab asam lambung anda naik

Penyebab utama asam lambung naik tak lain adalah makanan yang anda konsumsi. Namun setiap orang memiliki daya dahan tubuh yang berbeda-beda, oleh sebab itu penting bagi anda untuk mengenali makanan apasaja yang menjadi musuh asam lambung anda. Sebagai contoh makanan pedas, asam atau lain sebagainya, jika makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan asam lambung anda naik, anda harus menghindari makanan-makanan tersebut.

2. Minum banyak air

Air memiliki banyak sekali manfaat dalam tubuh kita, nah dalam hal asam lambung air mampu membilas asam lambung dari kerongkongan dan mencegahnya agar tidak naik.

3. Posisi tidur yang tepat

Posisi tidur juga berpengaruh besar terhadap asam lambung. Nah anda tidak disarankan untuk tidur setelah makan, hal ini dikarenakan asam lambung seseorang akan naik setelah makan. Tunggulah beberapa jam setelah makan jika anda mau berbaring tidur. Sebaiknya anda tidur dengan posisi kepala 6 inc lebih tinggi, hal itu membuat asam lambung tak bisa naik. Jika posisi itu kurang nyaman, atau dada anda terasa terbakar, anda bisa meninggikan lagi posisi kepala anda.

4.Turunkan berat badan

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas rentan terkena berbagai masalah kesehatan. Termasuk naiknya asam lambung, Peningkatana indeks massa tubuh telah dikaitkan dengan peningkatan refulks terutama dalam kasus perut besar atau buncit. Menurunkan berat badan dapat mencegah asam lambung naik serta mencegah berbagai penyakit lainnya.

Demikianlah 4 cara tepat mencegah asam lambung naik. Lakukan tips diatas untuk mencegah asam lambung anda naik. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef