9 Tanda Anda Mengalami Depresi

Depresi adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesedihan yang mendalam, berlebihan, dan juga berkepanjangan. Gangguan-gangguan depresi tidak hanya perasaan sedih saja, namun juga rasa lelah yang berlebihan ketika melakukan aktivitas rutin setiap hari. Selain itu juga merasa malas dan hilang semangat saat akan melakukan segala aktivitas.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami depresi. Hal itu dikarenakan pikirannya yang buyar dan tidak bisa fokus dalam suatu hal. Mereka akan menyadarinya setelah dipaksa secara intensif. Perlu anda ketahui, depresi jika tidak segera ditangani akan dapat berakibat fatal, salah satunya yaitu bunuh diri. Ya, salah satu penyebab seseorang melakukan bunuh diri yaitu karena mengalami depresi yang berkepanjangan.

Untuk mengatasi masalah depresi, anda harus tahu terlebih dahulu apa dan bagaimana tanda-tanda seseorang mengalami depresi. Tanda-tanda itu sebenarnya mudah kita lihat dan rasakan. Berikut 9 tanda anda mengalami depresi.

Tanda Anda Mengalami Depresi

1. Anda merasa rendah diri dan tidak berharga

Apakah anda pernah merasa bahwa diri anda tidak cukup baik untuk mereka dan anda merasa bahwa anda tidak penting lagi dan tidak berharga lagi bagi mereka. Jika anda selalu dipeuhi pikiran seperti itu, anda harus berhati-hati. Karena pikiran dan perasaan tersebut merupakan tanda-tanda dari pada depresi. Jika hal itu berlangsung terus menerus dan berkepanjangan hanya akan menyakiti diri anda sendiri. Cobalah untuk bangkit dan hilangkan perasaan itu. Dengan refresing dan mendengarkan lagu kesukaan yang bisa membuat semangat anda bangkit merupakan solusi terbaik.

2. Hal kecil dapat membuat anda mudah tersinggung

Tanda ini yang seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Mereka yang mengalami depresi akan cenderung memiliki tingkat emosional yang tinggi dan sulit untuk dikendalikan. Masalah depresi bisa membuat anda semakin sensitif terhadap suatu hal. Sekecil apapun hal itu bisa membuat anda tersinggung karena terjadinya nyeri psikologis pada diri anda. Sehingga tanpa anda sadari, anda memiliki perasaan sensitif yang berlebihan.

3. Anda makan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya

Jika anda mengalami perubahan pola makan secara derastis, anda perlu curiga. Bisa saja itu salah satu tanda anda mengalami depresi. Ketika anda mengalami depresi, anda akan dipenuhi pikiran-pikiran yang negatif, karena sibuk memikirkan hal itu, anda jadi lupa makan dan nafsu makan anda pun jadi berkurang. Disisi lain, depresi bisa membuat kebalikannya. Perasaan sedih yang belebihan akan membuat anda merasa mudah lapar, dan membuat nafsu makan anda menjadi berlebih atau over.

4. Anda menjadi sulit untuk fokus dan konsentrasi

Gejala deresi seringkali membuat pikiran anda buyar, sehingga anda akan kesulitan untuk berfokus pada suatu hal seperti masalah pekerjaan atau masalah keluarga. Pikiran kosong dan perasaan sedih yang berlebihan dapat membuat konsentrasi anda menjadi terganggu. Anda pun akan merasakan kesulitan dalam menyelesaikan suatu problem atau permasalahan serta pekerjaan.

5. Anda tidur terlalu berlebihan atau susah tidur

Depresi seringkali membuat seseorang merasa kelelahan dan membuatnya ingin tidur lebih lama, sehingga anda akan sering merasa malas untuk beraktivitas. Di sisi lain, depresi juga bisa membuat seseorang mengalami insomnia atau susar tidur, hal itu dikarenakan terlalu banyak pikiran yang menghantui dirinya.

6. Anda tidak merasa kesenangan dengan aktivitas kegemaran

Jika sebelumnya anda merasa sangat senang ketika melakukan suatu kegiatan hobi anda untuk melepas kepenatan anda, namun sekarang anda merasakan hal yang berbeda dengan sebelumnya. Anda menjadi malas tidak tertarik dan tidak berminat lagi dengan kegiatan atau hobi kegemaran anda, bisa jadi anda mengalami gangguan depresi. Sehingga, anda puun merasa kalau depresi telah merenggut semua kebahagiaan anda.

7. Pikiran anda dipenuhi dengan kematian

Jika anda terus berulang kali memikirkan tentang hal kematian, seperti bagaimana nanti anda akan meninggal, bagaimana perasaan keluarga, sahabat, dan juga teman-teman ketika nanti anda meninggal. Jika anda merasakannya terus-menerus setiap harinya, segeralah untuk konsultasikan pada psikiater, karena itu merupakan salah satu gejala depresi. Jika tidak segera ditangani akan bisa mendorong keinginan anda untuk bunuh diri.

8. Anda menjadi panik dan mudah cemas

Anda merasakan ketakutan yang berlebih sehingga menimbulkan kepanikan dan kecemasan pada suatu hal atau pada seseorang? Segeralah untuk diatasi. Kondisi itu merupakan salah satu gangguan dari depresi.

9. Anda merasakan kelelahan yang berlebihan

Ketika anda merasakan suatu kesediahan yang mendalam, merasa putus ada, dan tidak berdaya lagi menghadapi suatu masalah, itu akan memicu anda merasakan mudah lelah dan berlebihan. Anda akan merasakan kelelahan yang berlebihan yang terkadang sulit untuk anda kendalikan. Hal itu merupakan salah satu gangguan dari depresi yang merugikan fisik anda.

Demikianlah 9 tanda anda mengalami depresi. Kenalilah tanda-tanda tersebut agar anda lebih mudah melakukan penanganan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef