7 Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk Dan Tak Bau

Alhamdulillah Hari Raya Idul Adha telah tiba, tentu kulkas kita akan di penuhi dengan daging kurban tak terkecuali daging kambing. Ya benar sekali, kambing merupakan salah satu binatang yang di sunahkan untuk di jadikan hewan kurban selain sapi, domba, unta dan kerbau. Kambing sendiri merupakan hewan yang paling banyak di pilih orang karena harganya terjangkau, oleh sebab itu kulkas kita akan di penuhi dengan daging kambing saat hari Idul Adha tiba.

Daging kambing berbeda dengan daging ayam ataupun daging sapi. Hal ini dikarenakan untuk memasak daging kambing susah-susah gampang. Kenapa susah-susah gampang? Karena daging kambing yang baunya apek juga dagingnya yang alot, jadi untuk memasaknya tidaklah sebarangan. Bagi sebagian ibu-ibu mungkin daging kambing menjadi momok, karena memasaknya yang tak seperti kebanyakan daging lainnya.

Namun ibu-ibu tak perlu khawatir. Untuk menghindari itu semua, kami akan memberikan tips bagaimana cara mengolah daging kambing agar dagingnya terasa empuk juga tak bau apek. Berikut 7 cara mengolah daging kambing agar empuk dan tak berbau.
7 Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk Dan Tak Bau

1. Singkirkan lemaknya

Cara pertama untuk menghilangkan bau apek pada daging kambing yaitu dengan membuang lemaknya. Hal ini dikarenakan lemak yang menempel pada daging kambing merupakan sumber bau apek tersebut.

2. Jangan di cuci

Kebanyakan yang ibu-ibu salah lakukan adalah mencuci daging kambing. Justru karena di cuci daging kambing akan menjadi alot dan bau amisnya semakin tajam. Sebaiknya anda langsung merebus daging sapi tanpa di cuci terlebih dahulu. Setelah itu buang air rebusan dan olah daging kambing sesuai keinginan.

3. Lumuri dengan jeruk nipis

Jeruk nipis sangat ampuh untuk melunakan sekaligus menghilangkan bau amis pada daging kambing. air pada jeruk nipis juga akan membunuh bakteri pada daging kambing. Lumurilah daging kambing mentah dengan air jeruk nipis selama kurang lebih setengah jam baru setelah itu anda masak.

4. Taburi garam

Namun jika daging kambing suadah terlanjur anda cuci, anda bisa menaburkan garam untuk menetralisir darah dan yang menyebabkan bau tak sedap. Taburkan garam keseluruh daging kabing, diamkan selama kurang lebih satu jam kemudian anda cuci kembali sebelum anda olah.

5. Bungkus dengan daun pepaya

Daun pepaya juga dapat kita manfaatkan untuk melembutkan sekaligus menghilangkan bau apek pada daging kambing. Bungkuslah daging kambing mentah dengan daun pepaya. Ezin pada daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing menjadi lebih empuk.

6. Rebus dengan rempah-rempah

Anda juga bisa merebus daging kambing dengan rempah-rempah seperti jahe, serai,jeruk nipis dan kemangi untuk menghilangkan bau tak sedap pada daging kambing.

7. Baluri dengan parutan nanas

Getah nanas juga dipercaya dapat membuat daging kambing menjadi empuk dan menghilangkan bau tak sedap pada daging kambing. Caranya yaitu lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas dan anda diamkan kurang lebih setengah jam. Baru anda olah seperti biasa.

Demikianlah 7 cara mengolah daging kambing agar empuk dan tak berbau. Mengolah daging kambing memang gampang-gampang susah. Gamang jika tau caranya, susah jika tak mengerti caranya. Semoga tips diatas bermanfaat dan selamat hari Raya Idul Adha. Terimakasih.


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef